Lewat Ketua Komisi V, Kemendes Serahkan Bantuan untuk 7 Bumdes di TTS

Lewat Ketua Komisi V, Kemendes Serahkan Bantuan untuk 7 Bumdes di TTS

Selasa, 22 Januari 2019 | 16:30 WIB - Oleh: Antara
INILAH, Kupang - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan dana sebesar Rp350 juta kepada tujuh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di tujuh desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur.

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis yang memfasilitasi penyerahan bantuan itu di Kupang, Selasa (22/1) mengatakan tujuh desa itu ialah desa Oekam, Ajaobaki, Hane, Boking, Loli, Bena, dan Meuleum dan masing-masing desa mendapatkan dana sebesar Rp50 juta.

"Bantuan tersebut diserahkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) saat kunjungan kami (Komisi V DPR RI) bersama dengan pihak Kemendes RI pada, Jumat (18/1) lalu," katanya.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan hasil kunjungannya Komisi V DPR RI bersama dengan sejumlah intansi terkait seperti dari Dirjen Pembangunan Daerah Kementerian PDTT bersama 3 direktur, serta Balai Jalan dan Balai Sungai dan Kementerian PUPR.

"Saya membawa banyak rombongan dari Jakarta untuk melihat langsung kondisi Kabupaten TTS seperti di Desa Oeekam. Setidaknya kami datang dan bisa melakukan sesuatu untuk masyarakat di desa ini, kata Fary.

Di OeEkam misalnya kata dia kepala desa setempat menjelaskan beragam persoalan di desa tersebut, mulai dari kekurangan air, rumah tidak layak huni, serta belum adanya penerangan listrik,.

Disamping itu persoalan lain yang ditemui adalah kekurangan modal usaha bagi Bumdes serta masalah longsoran di sisi jembatan yang sangat berpengaruh terhadap akses warga.

Kami mendengar semua informasi dan masukan dari warga desa. Bisa membantu mengatasi persoalan mereka adalah hal yang sangat membahagiakan," ujar dia.

Politisi Fraksi Gerindra di DPR itu juga menambahkan setelah mendengar semua keluhaan masyarakat itu meminta para mitra untuk meresponnya. Syukurlah kehadiran pemerintah memberikan berkah bagi masyarakat di pedesaan itu.

Dalam kunjungan tersebut juga kata Fary, pihaknya melakukan survei terkait pembangunan sumur bor dan embung di sejumah desa di Kabupaten TTS. (K010).

Antara / ing

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Jumat, 8 Februari 2019 | 17:05 WIB

    Mendes: Desa Damai Kunci Kemajuan

  • Selasa, 5 Februari 2019 | 15:23 WIB

    Dana Desa Berhasil Kurangi Gizi Buruk 29 Persen

  • Rabu, 16 Januari 2019 | 13:05 WIB

    Jumlah Warga Miskin Pedesaan Turun 1,29 Juta

  • Sabtu, 12 Januari 2019 | 13:28 WIB

    Gaji PLD Dinaikan, Kontrak Pendamping Diperpanjang