Open Bidding Sepi Peminat

Open Bidding Sepi Peminat

Selasa, 12 Februari 2019 | 11:35 WIB
. Foto: Istimewa
INILAH, Bogor – Pemkot Bogor melelang lima jabatan kepala dinas. Peminatnya sepi. Bahkan, belum ada yang tergiur jadi Kepala Disdukcapil.

Open bidding alias lelang jabatan lima jabatan kepala dinas di Kota Bogor masih sepi peminat. Dimulai dari pembukaan 24 Januari lalu, lelang jabatan belum memenuhi prasyarakat. Open bidding akan diperpanjang bila masih sepi peminat dan akan diperpanjang selama satu minggu dari penutupan tanggal 14 Februari 2019.

Sejauh ini, baru empat jabatan setingkat kepala dinas yang ada peminatnya. Itu pun hanya masing-masing satu orang pelamar. Posisi Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor diminati Sekretaris Bapenda An An Andri Hikmat. Lalu, Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) diminati Kabag Kesra pada Setdakot Bogor H Iman.

Kemudian, posisi Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor dilamar Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Deni Susanto. Ada pula jabatan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor yang diminati Sekretaris Diperindag Dahlia Nalan.

Satu posisi bahkan belum memiliki peminat. Posisi itu adalah jabatan kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Hingga kini, belum ada yang mendaftarkan diri.

Sekretariat BKPSDA Kota Bogor Dani Rahardian membenarkan open bidding kali ini sepi peminat. Terbukti  dari lima jabatan yang dilelang, hanya empat yang sudah ada peminatnya dan baru satu orang yang daftar. Nantinya kalau sampai penutupan pendaftaran pada 14 Februari 2019 tidak ada yang berminat, maka waktu pendaftaran akan diperpanjang. 

“Kenapa sepi peminat? Karena hampir di semua daerah tengah dibuka open bidding juga. Bisa dikatakan ada open bidding setiap kota. Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga tengah membuka lelang jabatan beberapa jabatan, tidak seperti open bidding yang lalu ada dari Sukabumi dan Cianjur,” ungkap Dani kepada INILAH, Senin (11/2/2019).

Dani melanjutkan, apabila setelah perpanjangan waktu tidak memenuhi kuota juga, akan dilakukan tes kepada pejabat eselon III A di lingkungan Pemkot Bogor. Hasil tes dilaporkan ke Wali Kota Bogor dan nanti dipilih siapa ysng menduduki jabatan kepala dinas di lima Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) itu. 

“Itu dilakukan kalau tidak ada peminat, lalu dilihat mana yang bagus dan pasti itu hak prerogatif digunakan. Tetapi melihat potensi pejabat ada banyak minimal 20 pejabat bisa mendaftar. Banyak yang berminat untuk daftar, tapi tidak memenuhi syarat. Syaratnya eselon III A sudah dua tahun dan memenuhi usianya. Karena ada yang berminat terkendala usia,” jelasnya. 

Terpisah Kasubbid Penempatan dalam Jabatan di BKPSDA Kota Bogor, Aries Hendardi menuturkan, dengan sepinya peminat ini pihaknya tidak bisa memaksa agar pejabat mendaftar. Hal itu dikarenakan masih hak pribadi para pejabat eselon III A. Selain itu ada juga jabatan yang masih kosong di antaranya jabatan kepala Inspektorat dan staf ahli. 

“Inspektorat masih diisi plt dan staf ahli satu jabatan kosong karena setelah Pak Bambang Budianto pensiun, belum ada pengganti. Untuk open bidding tahapannya sama seperti open bidding sebelumnya, setelah pendaftaran pasti nanti seleksi administrasi,” ungkapnya.

Arie menegaskan, pihaknya akan menyebar informasi lebih masiv adanya open bidding lima jabatan kepala dinas di Kota Bogor, agar peminat diluar Kota Bogor bisa mendaftar.

“Saya akan coba menarik minat saat masa perpanjangan selama satu minggu dari 14 Februari 2019, tetapi mudah-mudahan pendaftar membludak pada hari-hari akhir sebelum penutupan,” pungkasnya.

Rizki Mauludi / dey

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Jumat, 22 Februari 2019 | 20:30 WIB

    Berakhirnya Aksi Buaya Muara di Bogor

  • Jumat, 22 Februari 2019 | 15:40 WIB

    Nasib Kepala Bapenda di Tangan Bima Arya

  • Kamis, 21 Februari 2019 | 17:45 WIB

    Komisi IV Minta Pembangunan RSUD Jangan Bermasalah

  • Kamis, 21 Februari 2019 | 17:15 WIB

    Danrem Segera Mencari Prajurit Terbaik

  • Kamis, 21 Februari 2019 | 16:10 WIB

    Ade Yasin Dorong Kawasan LIPI Cibinong jadi Kebun Raya