Waspadai Puncak Siklus 10 Tahun Kasus DBD

Waspadai Puncak Siklus 10 Tahun Kasus DBD

Selasa, 12 Februari 2019 | 18:30 WIB - Oleh: Antara
Ilustrasi. Net

INILAH, Jakarta - Kasus demam berdarah dengue (DBD) hingga kini masih menjadi momok bagi masyarakat, tak terkecuali semua provinsi di Indonesia.

Dicuplik dari laman Antara, jenis penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue itu, jika dibiarkan tanpa penanganan medis akan berujung kematian penderitanya.

Infeksi dari virus dengue tersebut menyebabkan berbagai gejala klinis, seperti demam, pusing, nyeri pada bola mata, otot, sendi, dan ruam.

Orang yang terinfeksi virus dengue sering kali juga mengalami kelelahan jangka panjang, nyeri perut dan muntah, sulit bernapas dan penurunan trombosit yang bisa mengakibatkan perdarahan internal.

Kasus demam berdarah biasanya meningkat pada musim hujan seperti sekarang ini, karena nyamuk Aedes aegypti menetaskan telurnya di genangan yang ada saat curah hujan meningkat. Telur nyamuk kemudian menetas menjadi jentik dan nyamuk dewasa.

Pada musim hujan 2019 ini kasus demam berdarah mewabah di sejumlah daerah. Karena itu kondisi ini perlu diwaspadai, terutama karena tahun ini merupakan siklus puncak 10 tahun mewabahnya demam berdarah.

Sejatinya, upaya sosialisasi ke masyarakat tentang pencegahan terhadap DBD perlu dilakukan secara masif, sebab mencegah lebih baik daripada mengobati serta mengingatkan masyarakat bahwa pengasapan bukanlah pencegahan.

Ia menyayangkan di tengah gencarnya melakukan gerakan 3M Plus, masih ada sebagian masyarakat yang merasa kurang puas kalau tidak dilakukan pengasapan.

Bahkan, mereka menganggap dinas kesehatan tidak bekerja. Anggapan itu salah, sebab pengasapan hanya membunuh nyamuk dewasa.

Sejatinya, untuk mencegah penyakit yang selalu datang setiap musim hujan itu dengan melaksanakan berbagai langkah pencegahan, menjaga kebersihan lingkungan, dan tak ketinggalan gerakan "3M Plus". Upaya itu menjadi semakin penting karena pada 2019 puncak siklus 10 tahunan DBD.

Antara / sur

Tidak Ada Komentar.


Tinggalkan Komentar


Berita Lainnya

  • Jumat, 15 Februari 2019 | 00:29 WIB

    Trauma "May" jadi Korban Perkosaan

  • Kamis, 14 Februari 2019 | 23:30 WIB

    Jejak Jenderal Soedirman di Pameran Radio Antik

  • Kamis, 14 Februari 2019 | 03:00 WIB

    Suka Cita Hamish Daud dan Raisa Sambut Sang Buah Hati

  • Selasa, 12 Februari 2019 | 18:30 WIB

    Waspadai Puncak Siklus 10 Tahun Kasus DBD