• Kota Bandung Sepakat Deklarasikan Sebagai Kota Hantam Hoax

    Oleh : Yogo Triastopo19 Februari 2017 14:30
    INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung secara serempak berniat mendeklarasikan diri sebagai Kota Hantam Hoax di tengah kekuatiran kabar bohong yang belakangan ini semakin meresahkan.

    "Warga Bandung untuk berkumpul mendeklarasikan #BDGHantamHoax bagian dari kampanye edukasi terhadap literasi," kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Jalan Ir H Djuanda, Minggu (19/2/2017).

    Melalui #BDGHamtamHoax, orang nomor satu di Kota Bandung itu ingin mengajak warga masyarakatnya untuk bisa memilah segala informasi yang dikonsumsi tanpa menelannya mentah-mentah secara langsung.

    "Agar berita bohong yang diproduksi supaya membuat kita bertengkar, saling membenci ini, bisa kita kikis dengan kedewasaan, dengan pendidikan, tabayyun dan cek dan ricek. Karena masalah hari ini, bukan mencari informasi tetapi memilah informasi," ucapnya.

    Ridwan kembali mengingatkan, agar warga masyarakat Kota Bandung bisa menghadiri deklarasi #BDGHantamHoax yang rencananya akan dilaksanakan di Alun-alun Kota Bandung pada, Senin (20/2/2017) besok.
    Sebelumnya, Kota Bandung akan menjadi kota hebat dengan masyarakat pintar. Kota Bandung bakal mengelar #BDGHantamHoax aksi nyata dari Pemkot Bandung dalam menyikapi isu internasional yang menimbulkan keresahan dikalangan masyarakat secara luas,

    Hoax itu sendiri, dinilai sudah sangat merajalela di dunia maya, khususnya media sosial yang sekarang ini sangat digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
    Persoalan mengenai hoax, merupakan isu serius lantaran efeknya begitu berbahaya bagi kelangsungan hidup bermasyarakat. Kegiatan #BDGHantamHoax rencananya akan melibatkan semua lapisan masyarakat guna menyadarkan bahayanya pemberitaan palsu. [jek]