• Miliki Inovasi Kewilayahan, Kelurahan Karang Mekar Wakili Cimahi ke Provinsi

    Oleh : Fuad Hisyamudin16 Juni 2017 19:05
    INILAH, Cimahi-Kelurahan Karang Mekar mewakili Kota Cimahi dalam Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat. Kepastian ini setelah kedatangan rombongan tim verifikasi awal tingkat Provinsi, ke Aula Kelurahan Karang Mekar, Jakan Lurah Kelurahan Cimahi Tengah Kota Cimahi, Jumat (16/6/2017).

    Sebagai informasi, perlombaan kelurahan ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015. Regulasi ini merupakan salah satu langkah untuk menilai keberhasilan pembangunan kelurahan secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan.

    Sekda Kota Cimahi Mumamad Yani mengatakan, salah satu indikator yang menjadi penilaian bagi kelurahan ini adalah terobosan atau inovasi yang dilakukan oleh lurah dalam mengatasi permasalahan kewilayahan. Darisana terlihat, sejauh mana kemampuan leadership seorang lurah dalam meningkatkan pelayanan publik.

    "Berdasarkan Permendagri tentang evaluasi desa dan kelurahan, ada beberapa indikator penialaian. seperti bidang bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan," ujarnya, saat menyambut tim verifikasi Provinsi, di Kelurahan setempat, Jumat (16/6).

    Dikatakan, penilaian untuk didang pemerintahan meliputi administrasi pemerintahan, keuangan, Keamanan dan ketertiban.Tim verifikasi ini akan menilai, kelengkapan administrasi dan verifikasi lapangan atau fakta faktual.

    "Perlombaan kelurahan sebagai kegiatan evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha kelurahan dan masyarakat selama 2 tahun terakhir," ujar Yani.

    Ia megakui, pembangunan ditingkat kelurahan perlu perencanaan serius dan kemampuan leadership dari seorang lurah. Bagaimana memberdayakan masyarakat dan menggerakan segenap potensi yang ada untuk kemajuan kelurahan diberbagai bidang.

    "Perlu melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dan dilaksanakan secara transparan dan akuntabel serta mendorong partisipasi masyarakat sehingga diharapkan terciptanya good govermance," beber Yani.

    Meski begitu, kata dia, ada hal yang paling esensial dari perlombaan ini. Yakni, mendukung pemberdayaan masyarakat dan keberhasilan pembangunan kelurahan. Kelurahan yang baik, memiliki penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan swadaya gotong royong masyarakat.

    Dalam pelaksanaannya, penyelenggaraan pelayanan publik kelurahan dituntut adanya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dengan menjunjung tinggi kebersamaan. Membangun wilayah di kelurahan dengan bersama-sama dari berbagai bidang.

    "Kami menyadari bahwa kelurahan merupakan unsur pelayanan yang terdepan dan yang banyak berhubungan langsung dengan masyarakat. Kami percaya bahwa keluarah Karang Mekar telah melakukan hal tersebut," tutup Yani.[jek]