• Headline

    Calon Wawalkot Bandung Aries Supriatna Siap Bangun Gedung Parkir

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri19 Maret 2018 14:22
    fotografer: Inilah/Asep Pupu SB
    INILAH, Bandung - Calon wakil wali kota Bandung Aries Supriatna menilai rencana ‎membangun gedung khusus parkir di tengah kota harus segera direalisasikan. Selain menjadi solusi parkir, hal ini juga merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.

    Aries menuturkan,‎ untuk pembuatan gedung parkir ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bisa berkolaborasi dengan pihak swasta. Saat ini sudah terdapat gedung parkir milik swasta yang terletak di Jalan Dipenogoro tepat di belokan ke Jalan Maulana Yusuf.

    Gedung parkir milik swasta tersebut bahkan sudah canggih, karena menggunakan sistem hidrolik. Sehingga, meski memiliki lahan tidak begitu luas, kendaraan bisa diangkut lalu ditempatkan berjejer ke atas.

    "Sebetulnya harapan kita ke depan parkir tidak menggunakan bahu jalan, tapi parkir indoor. Ada dua peran bisa difungsikan, pemerintah dan swasta. Di swasta seperti di Sulanjana udah ada bagus, kalau pemerintah kan ada PT BII yang bisa infestasi,‎" kata Aries di sela-sela blusukan di Kelurahan Cicaheum, Kecamatan Kiaracondong, Senin (19/3/2018).

    Aries mengatakan, saat ini volume kendaraan di Kota Bandung terus meningkat sementara lahan parkir yang tersedia tidak ikut bertambah. Alhasil menurutnya keberadaan gedung parkir ini bisa menjadi solusi tepat untuk mengatur kendaraan sekaligus mempunyai potensi besar dalam dunia bisnis.

    Sekalipun saat ini gedung parkir masih kurang populer di Kota Bandung, apabila sudah dibuat Aries menilai justru akan menjadi semacam kebutuhan dan malah bisa berkembang jadi tren baru di lingkungan perkotaan.

    "Di beberapa tempat itu sudah mulai, saya pikir ke depan salah satu investasi swasta melihat kepadatan Kota Bandung, bisnis penyediaan tempat parkir menjadi bisnis yang berprospek sangat memungkinkan, dan kita akan mendorong," jelasnya.

    ‎Lebih lanjut perihal rencana Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang akan membuat gedung parkir di kawasan Gelap Nyawang yang sempat diutarakan pada 2014 lalu, Aries belum memahami sepenuhnya rencana tersebut.

    Namun pastinya, apabila dia bersama Yossi Irianto berhasil memenangi Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2018, pembuatan gedung parkir harus diwujudkan.

    "Nanti akan saya lihat, saya belum tahu mateng perencanaan itu. Tapi yang pasti masalah parkir harus betul-betul ditata dan diberikan solusi," ujar calon nomor urut 2 ini.

    Namun, sambung Aries, pastinya memerlukan proses panjang dan mendalam agar pembuatan gedung parkir digarap secara serius.‎ "Harus ada kajian lebih dulu, terus lokasinya di mana, terus apakah itu aset Kota Bandung atau milik siapa," imbuhnya.

    Aries menyatakan selain rencana pembangunan gedung parkir, pihak pemkot juga harus lebih ketat dalam pemberian izin bagi yang akan membuka tempat usaha, terutama menyangkut Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Lalu Lintas (Amdal Lalin) serta terkait penyediaan lahan parkir.

    Sekarang ini Aries melihat tak sedikit tempat yang tidak mampu menampung kendaraan lantaran lahan parkir terlalu sempit. Sehingga kendaraan terpaksa diparkir di trotoar atau malah menghabiskan bahu jalan bahkan hingga mengambil separuh jalan.

    "Ke depan terkait proses perizinan setiap tempat usaha yang mendatangkan tamu banyak Amdal Lalin harus betul-betul terpenuhi, sehingga harus memperhitungkan tempat parkirnya, akhirnya memakai fasilitas umum. Memang harus diperhitungkan penampungan pengunjungnya‎," pungkasnya. [gin]

    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT