• Headline

    Hujan Satu Jam, Banjir Cileuncang Sergap Jalan AH Nasoetion

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri19 Maret 2018 14:46
    fotografer: Inilah/Asep Pupu SB
    Luapan Sungai Cikileuy di kawasan Jalan AH Nasoetion
    INILAH, Bandung - Hujan deras disertai angin kencang menerpa wilayah Kota Bandung bagian timur, Senin (19/3) siang. Kendati hanya berlangsung sekitar satu jam mulai pukul 13.00-14.00 WIB, sejumlah sungai meluap hingga airnya melimpah ke jalan.

    Seperti yang terjadi di Kelurahan Karangpamulang, Kecamatan Mandalajati. Sungai Cikileuy meluap hingga air menggenangi Jalan AH. Nasoetion tepatnya di kawasan Cikadut. ‎Air limpahan ini cukup tinggi hingga mencapai setengah lingkaran roda sepeda motor.

    Selain debit air yang tinggi, banyaknya sampah yang tersangkut di jembatan juga menyumbat aliran air. Warga pun dengan sigap bergotong royong mengambil tumpukan sampah beraneka ragam jenis dan ukurannya agar air bisa mengalir dengan lancar dan membuat genangan di jalan semakin surut.

    Sebab, sepanjang air tersebut menggenangi jalan sudah ada beberapa pengendara yang terjatuh. Walaupun tidak sampai menimbulkan korban parah, namun ‎semakin menghambat kelancaran lalu lintas yang sudah lebih dulu tersendat oleh genangan air.

    ‎"Setiap hujan besar selalu kaya gini (mampet), kalau tidak dibersihkan ini bisa banjir ke rumah-rumah," kata Asep, salah seroang warga di sekitar Singai Cikileuy, saat ditemui Senin (19/3/2018).

    Apabila sampai parah, lanjut Asep‎, sesekali datang tim khusus dari dinas terkait untuk menanggulangi masalah Sungai Cikileuy yang kerap meluap saat hujan deras. "Tapi seringnya sama warga aja turun tangan langsung," tandasnya. [gin]

    TAG :


    Berita TERKAIT