• Headline

    Alasan Kemanusiaan, Pembuang Bayi di Cimahi Tak Ditahan

    Oleh : Ahmad Sayuti25 September 2018 14:10
    fotografer: Ahmad Sayuti
    INILAH, Cimahi- ST (18) masih terbaring di RS MAL Cibaligo akibat pendarahan pasca melahirkan bayinya. Kendati sempat membuang bayinya di kamar mandi umum, namun Polisi tidak menahannya dengan alasan kemanusiaan.

    Unit Reskrim Polsek Cimahi Selatan sendiri hanya membutuhkan waktu enam jam untuk mengetahui jika TS merupakan ibu pembuang bayi perempuan yang sempat hebohkan warga Gempol Asri, RT 01, RW 35, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Senin (24/9/2018) pagi.

    Kapolsek Cimahi Selatan AKP Sutarman mengatakan, saat diamankan dikontraknya, ST awalnya tidak mengakui jika bayi yang ditemukan warga di kamar mandi umum merupakan bayinya. Namun, penyidik terus menginterogasinya hingga ST mengakuinya.

    "Dia diamankan enam jam setelah kita menerima laporan soal penemuan bayi tersebut," katanya kepada wartawan di Mapolsek Cimahi Selatan, Selasa (25/9/2018).

    Karena melahirkan seorang diri, ST saat diperiksa mengalami pendarahan dan langsung dilarikan ke RS MAL untuk dirawat secara intensif. Sementara bayi korban saat ditemukan langsung dibawa ke Bidan tak jauh dari lokasi penemuan bayi.

    Meskipun terbukti membuang bayinya, Sutarman mengaku dengan alasan kemanusiaan ST tidak ditahan atau ditetapkan sebagai tersangka, dan hanya dikenakan wajib lapor seminggu sekali.

    "Pertimbangannya, ekonominya pas-pasan, bayinya masih butuh perawatan sang ibu (ASI), dan ada jaminan dari orangtuanya jika ST tidak akan melarikan diri dan menghambat penyelidikan," ujarnya.

    Sementara itu dari pengakuan ST, bayi tersebut merupakan hasil hubungan terlarang dengan mantan pacarnya. Dia tidak berniat membuang bayinya, dan hendak dititipkan kepada temannya lantaran malu kepada orang tuanya.

    Sutarman mengungkapkan, awal penemuan bayi itu sendiri terjadi saat ST kedatangan ayahnya. ST yang mengalami kontraksi, lalu pamit untuk ke wc dengan alasan perutnya mules dan ingin buang air besar.

    "Saat itulah dia melahirkan, dan meninggalkan bayinya. Dia sempat meminta temannya untuk mengambil bayi tersebut, namun keburu ketahuan warga," katanya.

    Sutarman menyebutkan dalam waktu dekat akan memanggil mantan pacar ST untuk dimintai keterangan. [jek]


    TAG :


    Berita TERKAIT