• Headline

    PNS Pemkab Bogor Bebas Mudik Pakai Mobil Dinas

    Oleh : Rishad Noviansyah15 Juni 2017 21:19
    INILAH, Bogor - Bupati Bogor, Nurhayanti mempersilahkan bawahannya menggunakan mobil dinas untuk mudik lebaran 2017. Menurutnya, keamanan aset daerah itu lebih terjamin apabila kendaraan-kendaraan itu digunakan oleh penggunanya mudik ke kampung halaman.

    "Kendaraan-kendaraan dinas itu kan kewenangannya ada di dinas masing-masing. Lagi pula Pemkab tidak punya pool khusus untuk kendaraan yang jumlahnya ribuan itu," kata Nurhayanti, Kamis (15/6).

    Yanti menilai, meski pemerintah pusat dan provinsi melarang penggunaan mobil dinas untuk mudik, pemerintah daerah tetap memiliki kewenangan untuk mengizinkan atau tidak.

    "Kan kasihan juga jika sehari-hari mereka pakai tapi saat akan mudik malah dilarang. Tahun lalu juga kan ada larangan dari pusat dan provinsi. Tapi tidak ada masalah saat pemkab mengizinkan (dipakai mudik)," tukasnya.

    Kendaraan dinas yang tercatat sebagai aset daerah mencapai 3.678 unit, 2.387 kendaraan roda dua, 1.092 unit kendaraan roda empat, 35 unit kendaraan roda tiga dan 164 unit kendaraan roda enam.

    "Untuk digunakan mudik, boleh atau tidaknya belum ada tembusan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)," kata Kepala Bidang Aset Kabupaten Bogor, Iman W Budiana.

    Adapun, larangan penggunaan mobil dinas diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 87 tahun 2005 tentang Pedoman Peningkatan Pelaksanaan Efisiensi, Penghematan dan Disiplin Kerja. [ito]