• Foto Peristiwa Sepanjang 2017 Dipamerkan

    Oleh : Rishad Noviansyah14 Januari 2018 10:50
    INILAH, Bogor- Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor memamerkan 80 foto tunggal dan tiga foto esai dalam pameran Kilas Balik Foto Jurnalistik 2017 di lantai dua Botani Square, Bogor, Sabtu (13/1) hingga Minggu (14/1).

    Foto hasil karya 19 anggota PFI Bogor itu, menampilkan momen yang terjadi di Bogor serta siapa saja yang terlibat dalam peristiwa sepanjangan 2017. Mengangkat tema 'Bogor Dalam Bingkai' mereka ingin menyampaikan bermacam sudut pandang tentang Bogor kepada masyarakat.

    Ketua Pelaksana Deni Herdiyana menutukan, pameran ini merupakan kali ketiga yang digelar PFI di tempat yang sama. Menurutnya, setiap foto memiliki keterkaitan, meski menampilkan kejadian yang berbeda.

    "Kami ingin menyajikan realita kehidupan masyarakat Bogor, baik itu kota maupun kabupaten. Jadi tidak sekedar menampilkan karya. Kami ingin ini jadi wadah penyampai informasi dalam bentuk visual," kata Deni kepada INILAH.

    Berbagai peristiwa ditampilkan dalam pameran ini, mulai dari aksi unjuk rasa, aktivitas pejabat, aktivitas sosial kehidupan masyarakat hingga kegiatan olah raga ditampilkan selama dua hari.

    Selain memamerkan karya foto jurnalistik, dihadirkan pula diskusi tentang foto jurnalistik dengan menampilkan Ketua PFI Bogor Tjahjadi Ermawan dengan topik mengenalkan konteks foto jurnalistik kepada masyarakat.

    Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman berharap, 'Bogor Dalam Bingkai' bisa mengedukasi masyarakat, terutama pelajar maupun mahasiswa yang ingin mengetahui dan menekuni bidang jurnalistik.

    "Pameran ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan dokumentasi yang mengingatkan kita pada sebuah kejadian penting, yang melibatkan kehidupan sosial masyarakat atau pejabat publik," katanya saat membuka pameran ini.

    Karya miliki Fadli Akbar menjadi salah satu yang menarik perhatian. Fotografer salah satu harian lokal Bogor ini menampilkan keakraban Presiden Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan saat keduanya menjajal kemeja batik di Bogor Trade Mall, November 2017 silam.[jek]


    TAG :


    Berita TERKAIT