• Ratusan Warga Kota Bogor Mudik Gratis

    Oleh : Rizki Mauludi10 Juni 2018 11:08
    INILAH, Bogor - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melepas ratusan pemudik asal Kota Bogor dengan tujuan Solo, Semarang dan Yogyakarta pada Sabtu (9/6) sore. Ratusan pemudik tersebut diangkut oleh 10 bus yang disediakan Pemkota Bogor bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat dalam program mudik gratis.

    Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman mengatakan, dalam mudik gratis Pemkot Bogor dibantu provinsi bisa menyediakan 10 bus mudik gratis, tentunya hal ini memberikan kesenangan bagi warga Kota Bogor untuk tujuan akhir perjalanan ke Solo, Semarang dan Yogyakarta.

    "Total ada 440 warga Kota Bogor, syarat yang ikut mudik adalah mereka warga Kota Bogor yang memiliki KTP elektronik (KTP-el) dan pemudik itu disarankan kembali sebelum pencoblosan atau jangan sampai lebih dari tanggal 27 Juni mendatang," ungkapnya usai melepas pemudik.

    Usmar mengingatkan, para pemudik jangan membawa 'buntut' atau saudaranya dari kampung halaman ke Kota Bogor untuk mengadu nasib.

    "Janganlah dibawa kalau tujuannya mengadu nasib," ujarnya.

    Usmar menjelaskan, sangat disayangkan informasi ke masyarakat kurangan lama dan jelas, tetapi kedepannya akan diperbaiki. Selain itu tahun depan dirinya mendorong stimulan para pengusaha Kota Bogor menambah armada bus mudik untuk warga Bogor yang tidak mampu.

    "Ya, persyaratan utama pemudik adalah mereka ingin mudik, kalaupun gratis tidak mau mudik kan ga mudik. Kami prioritaskan ekonomi menengah kebawah yang diperbolehkan untuk mendapatkan mudik gratis. Tahun ini pemudik didominasi pedagang dan pekerjaan pabrik," jelasnya.

    Kepala Dishub Kota Bogor Rakhmawati Oetih mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dengan berbagai cara, tetapi langkahnya dibatasi oleh kursi yang kuotanya sudah cukup dan akhirnya sosialisasi ditutup.

    "Nah mudik gratis, kalau perhubungan darat dikelola pusat dan ini dari Provinsi Jawa barat. Warga Bogor juga banyak ikut mudik gratis ke kementerian perhubungan. Jalur mudik bus ada yang lewat jalur utara dan selatan, dengan tujuan mudik bisa ke semua tempat yang dilewati tetapi tujuan akhirnya saja yang di beritahu Solo, Semarang dan Yogyakarta," bebernya.

    Sementara itu, Kepala UPTD Penyelenggaraan Prasarana Perhubungan pada Dishub Jawa Barat,
    Bambang Hermawan menuturkan, ada lima kota SeJawa Barat yang menyelenggarakan mudik gratis dengan tujuan keberangkatan Semarang, Solo dan Yogyakarta. Dengan jalur ada via utara dan selatan, kalau utara lewat tol Cipali.

    "Secara dengan mudik ini membatu saudara kita yang mudik. Kebetulan harus yang kurang mampu middle-low class. UntuknSopir bus mudik dicek kesehatannya dan dipantau setiap titik pemberhentian," pungkasnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT