• Headline

    3 Juta Penduduk Produktif Terjangkit Narkoba

    Oleh : Rishad Noviansyah12 Juli 2018 16:56
    INILAH, Bogor- Survei Badan Narkotika Nasional (BNN) menunjukkan prevalensi pengguna narkoba lebih dari 3 juta jiwa atau 1,77% dari penduduk usia produktif.

    Kepala BNN Heru Winarko mengungkapkan, jalur ilegal peredaran narkotika kian banyak dan perlu penanganan serius. Menurutnya, penyalahgunaan narkotika kian memprihatinkan.

    "Ini kejahatan luar biasa, mengancam dunia. Maka harus diberantas. Biasanya, pengedar masuk karena pintu jalur ilegal cukup banyak dan harga jual yang mahal di Indonesia menjadi daya tarik juga," kata Heru di Balai Besar Lido.

    Bahaya narkoba, kata dia, terus membayangi setiap elemen masyarakat tanpa pandang bulu. Menyerang setiap lini masyarakat, terlebih anak-anak muda.

    Berkaca pada survei yang dilakukan BNN, Heru berharap kementerian dan lembaga lainnya berperan aktif menerapkan program pencegahan dan pemberantasan penyelahgunanan peredaran gelap narkotika (P4GN) sehingga penanganan diharapkan menjadi cepat dan efektif.

    "Kami perlu dukungan dari semua kementerian. Kami mohon P4GN masuk menjadi program kementerian hingga bisa didukung anggaran kementerian masing-masing," kata dia.

    Dia juga menyarankan pegawai maupun staf di setiap kementerian maupun lembaga bebas dari narkoba dan turut menggelar tes urine. "BNN sudah serius berperang melawan narkoba. Jadi perlu dukungan dari kementerian," tegasnya.

    Dalam kesempatan itu hadir juga Menkopolhukam Wiranto. Dia mengungkapkan, perang melawan narkoba harus terus diserukan dengan melibatkan seluruh instansi pemerintah, untuk meminimalisir bahaya laten narkoba yang bisa merusak generasi muda.

    "Saya dengar BNN telah menyusun rencana aksi nasional soal penangan narkoba. Tentu, kementerian dan lembaga akan bergerak bersama BNN," ungkapnya.

    Wiranto mengakui di Indonesia sangat banyak pintu masuk narkoba, baik lewat jalur darat maupun laut. Dia mengimbau, seluruh elemen masyarakat dan negara total ikut berperang melawan narkoba.

    TAG :


    Berita TERKAIT