• SMA EGS Tanamkan Kepedulian Siswa Terhadap Sesama

    Oleh : Okky Adiana10 Juni 2017 13:39
    KEGIATAN Ares yang digelar oleh SMA EGS Bandung, mengajarkan siswa peduli terhadap sesama. Acara ini juga sebagai ajang silaturahmi bagi siswa dan sejumlah anak panti asuhan.

    Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang penuh rahmat, bulan di mana setiap umat muslim berlomba-lomba untuk melakukan ibadah dan melakukan yang terbaik. Salah satunya adalah memberikan bantuan terhadap sesama.

    Momen yang datang setiap tahunnya ini, rupanya dimanfaatkan betul tak terkecuali bagi sejumlah sekolah yang ada di kota Bandung. Salah satunya yakni, SMA Edu Global School (EGS) Bandung.

    Ya, sore itu, sekira pukul 15:00 WIB, tiga jam menjelang bedug adzan maghrib atau berbuka puasa, ratusan siswa SMA EGS Bandung sudah berkumpul di lingkungan sekolahnya.

    Mereka tampak disibukan dengan sejumlah aktivitasnya. Seperti tak mau kehilangan momen Ramadan, di hari yang spesial itu, sekolah yang berpusat di Jalan Kalimantan, Bandung, menggelar kegiatan sosial yang bernama Aksi Ramadan EGS (Ares).

    Untuk tahun ini, mereka menyalurkan bantuannya kepada Panti Asuhan Baitul Arif yang berpusat di Jalan Kacapiring, kota Bandung. Terlihat, sejumlah siswa tampak sibuk. Ada yang menyiapkan barang, merapikan tempat, mengkondisikan anak-anak panti asuhan dan lainnya.

    Semangat kebersamaan dan kerja sama antarsiswa, menjadi satu momen yang mungkin saja tak bisa dilupakan oleh mereka. Mereka bahu membahu untuk mensukseskan acara yang digelar setiap memasuki bulan Ramadan ini.

    "Acara baksos seperti ini setiap tahun pasti ada. Untuk tahun ini kami mengangkat tema pemuda beretika," kata Ketua Pelaksana, Yudha Hafizh, kepada INILAH akhir pekan di SMA EGS Bandung.

    Dikatakan Yudha, dalam kegiatan ini, sejumlah siswa SMA EGS Bandung menyumbangkan sejumlah barang kepada Panti Asuhan yang sudah menjadi targetnya. Mulai dari sembako, alat tulis, pakaian layak pakai, dan uang. Sehari sebelumnya, mereka juga telah menggelar ceramah.

    "Ya, itu semua dari siswa. Kalau saya lihat, teman-teman saya ini merasa senang dan bangga bisa berbagi, termasuk saya sebagai siswa di sini. Ini kan momen yang sangat baik," ucapnya.
    Kegiatan Ares mengajak siswa untuk peduli dan berbagi sedikit hartanya terhadap sesama. Momen yang sangat indah ini secara tidak langsung mengajarkan siswa untuk memiliki sikap empati dan tolong menolong. Meskipun sejatinya berbuat baik tak hanya harus di bulan Ramadan saja, bisa setiap saat dan setiap waktu dimana saja dan kapan saja.

    Pembelajaran seperti ini tentu saja sangat baik untuk ditanamkan kepada generasi muda. Saat mereka beranjak dewasa dan berbaur dengan masyarakat setempat, diharapkan rasa kepedulian terhadap sesama itu sudah tertanam dan tentunya bisa diaplikasikan dengan baik.

    "Perasaan saya tentu sangat senang lah bisa silaturahmi dengan anak-anak panti. Mereka (anak panti) juga terlihat semringah. Pokoknya senang banget bisa berbagi dengan sesama dan ini menjadi pengalaman bagi saya dan teman-teman saya," paparnya.

    Dia menilai, ketertarikan siswa dalam acara ini cukup tinggi. Meski tak semua mengikuti, namun mereka terlihat senang dan bangga bisa berbagi terhadap orang-orang yang memang membutuhkan. "Antusiasnya mereka (siswa) sangat senang, sekitar 80 persen mereka pada ikut kok," ucapnya.

    Melalui acara baksos yang dilakukan ini, dia berharap, seluruh siswa SMA EGS Bandung memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap sesama. Tak hanya itu, diharapkan mereka juga memiliki ahlak dan nilai-nilai agama yang kuat.

    "Harapan saya sih, semoga para peserta yang ikut ini ahlaknya bisa lebih kuat, nilai-nilai agamanya jauh lebih tinggi, dan peduli terhadap sesama jauh lebih tinggi," tambahnya.


    Momen Indah Untuk Silaturahmi

    PULUHAN anak-anak Panti Asuhan Baitul Arif, Bandung merasa senang dan bangga. Mereka sangat bersyukur dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh sejumlah siswa SMA EGS Bandung ini.

    Raut wajah Nana Rohana memancarkan kebahagiaan yang begitu mendalam. Ia tak bisa menyembunyikan kebahagiaan saat sejumlah siswa SMA EGS Bandung menyerahkan bantuannya kepada Panti Asuhan Baitul Arif, Bandung.

    Nana yang merupakan salah satu perwakilan dari Panti Asuhan Baitul Arif, Bandung ini mengaku senang apa yang dilakukan oleh siswa-siswi ini. Kegiatan ini bukan sekadar berbagi saja, namun hal yang tak kalah pentingnya adalah bisa bersilaturahmi dengan banyak orang.

    Sebab, kata dia, silaturahmi merupakan momen yang sangat penting untuk terus menjalin tali persaudaraan dengan sesama. Dengan silaturahmi, orang akan banyak memiliki keluarga baru di mana saja dan dengan siapa saja.

    "Kalau ditanya bagaimana perasaannya, kami dari Panti Asuhan Baitul Arif merasa senang dan tentunya terima kasih buat sekolah ini (EGS Bandung). Bagi kami ini momen yang penting buat bersilaturahmi. Sekolah EGS sudah lima kali lebih mengadakan acara ini dan menyalurkan kepada kami," papar Nana kepada INILAH akhir pekan.

    Dikatakan Nana, dalam acara baksos ini, SMA EGS Bandung memberikan sejumlah barang berupa sembako, pakaian layak pakai, alat-alat tulis dan uang. Kegiatan ini menjadi momen yang tak bisa dilupakan oleh sejumlah anak-anak panti ini.

    Terlihat, anak-anak panti ini merasa bahagia dengan bantuan yang diberikan oleh kakak-kakak mereka. Tak hanya itu, momen ini juga dijadikan ajang silaturahmi dengan sesama umat muslim.

    "Bisa dlihat sendiri kan, mereka (anak-anak panti asuhan) ini sangat senang. Mereka suka bahwa kakak-kakak ini sangat peduli dan baik sekali. Kami di sini membawa 23 anak," ucapnya.

    Dia berharap, acara baksos yang dilakukan oleh SMA EGS Bandung ini bisa terus berjalan dan semakin banyak panti-panti yang mereka undang. Bahkan tak hanya itu, momen seperti ini tak hanya dilakukan di bulan Ramadan saja, tapi setiap waktu.

    "Semoga anak-anak di sini (SMA EGS Bandung) semakin maju dan sukses. Yang terbaik deh bagi mereka," tambahnya.

    Sementara itu, salah satu siswa SMA EGS Bandung, Hana Hurun A'eni, mengaku sangat senang bisa berbagi dengan sesama. Kegiatan ini bisa melatih dirinya untuk memiliki sikap peduli.

    "Di rumah aku kan suka ada barang yang nggak ke pakai, tapi masih layak pakai, suka bingung mau di kemanain, akhirnya barang2 ini bisa bermanfaat karena kita berikan ke saudara-saudara kita," kata Hana.

    Melalui acara ini, banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh seluruh siswa yang terlibat di dalamnya. Mulai dari menanamkan rasa kepedulian terhadap sesama, silaturahmi dan hal lainnya. "Senang banget deh bisa berbagi dengan sesama," singkat dia.

    Dia berharap, acara baksos yang dilakukannya ini bisa bermanfaat bagi semua. Baik itu untuk siswa maupun bagi anak-anak panti itu sendiri. Semoga kebermanfaatan ini bisa dirasakan dalam jangka yang lama dan membekas kepada anak-anak tersebut.

    "Semoga yang hadir di sini bisa menebar kebaikan dan terus tersambung tali silaturahminya," tambahnya.