• Headline

    Dewan Khawatir Banyak Siswa yang Mendaftar di Menit Akhir

    Oleh : dea15 Juni 2017 19:00
    INILAH, Bandung - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mengimbau kepada penyelenggara Penerimaan Perserta Didik Baru (PPDB) yang dalam hal ini adalah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk mempersiapkan sistem PPDB online jalur akademik yang akan dilakukan pada 3-8 Juli 2017.

    Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Abdul Hadi Wijaya menyebut permasalahan yang terjadi pada penerimaan PPDB Jalur Non Akademik dijadikan pelajaran oleh penyelenggara PPDB untuk mempersiapkan infrastruktur lebih matang.

    "Harus siap-siap, pasti animo peserta didik lebih banyak lagi dibanding kemarin yang jalur non akademik," ungkapnya saat dihubungi di Bandung, Kamis (15/6/2017).

    Hal tersebut menyusul permasalahan pendaftaran PPDB online yang dilakukan untuk pendaftar jalur non akademik sempat bermasalah. ppdb.jabar.go.id sempat tidak bisa diakses diakibatkan tidak mampu menampung banyaknya masyarakat yang mengakses sistem tersebut.

    Diakui oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat permasalahan tersebut terjadi akibat ketidak pahaman masyarakat dalam aturan pendaftaran PPDB.

    Abdul Hadi mengingatkan pada PPDB jalur akademik, penyelenggara harus bisa mengantisipasi ledakan 'pengunjung' ke website resmi pendataran PPDB.

    Salah satunya adalah mewaspadai masyarakat menunggu 'Last minute' untuk melihat terlebih dahulu peluang SMA/SMK yang tidak banyak dipilih, sehingga ketika jam-jam terakhir sebelum ditutup maka diprediksi akan terjadi botle neck.

    "Pasti akan seperti itu, makanya Disdik Jabar harus belajar dari kekurangan sistem kemarin," tandasnya. [ito]