• KAI Luncurkan Kereta Premium

    Oleh : Doni Ramdhani13 Juni 2017 19:24
    fotografer: Doni Ramdani
    INILAH, Bandung - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meningkatkan pelayanan publik. Sebagai perusahaan moda transportasi massal, kini BUMN itu meluncurkan rangkaian kereta premium.

    Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, rangkaian KA ini akan dioperasikan sebagai KA tambahan ekstra. Mulai Rabu (14/6/2017) ini tiket mulai dijual ke pasar.

    "Kita akan mengoperasikan enam trainset kereta premium yang merupakan hasil produksi PT Inka," kata Edi saat jumpa wartawan, Selasa (13/6/2017).

    Menurutnya, pembelian KA anyar ini untuk menggantikan sebanyak 882 KA yang dimiliki. Mayoritas, KA tersebut berusia di atas 30 tahun yang terbilang usang. Untuk peremajaan ini Edi mengaku pihaknya akan membeli secara bertahap ke PT Inka.

    "Targetnya, kita akan membeli sebanyak 1.000 KA secara bertahap ke PT Inka. Targetnya, sekitar 3-5 tahun ke depan semua KA diganti dengan yang baru," ujarnya.

    Edi menuturkan, setiap kereta premium ini memiliki kapasitas 80 tempat duduk. Satu kali perjalanan bisa mengangkut sebanyak 768 seats. Dengan penambahan kereta premium ini ke depan dalam sehari kapasitas KA tambahan ekstra mencapai 6.144 seats.

    Terkait harga tiket, kereta premium ini dibanderol lebih tinggi dari kereta ekonomi. Meski demikian, harganya tetap lebih murah dari kereta eksekutif. Secara bertahap, dia mengaku kereta premium ini akan menggantikan kelas bisnis. [jek]



meikarta.. the world of ours