• Keragaman Bangunan Dunia Hadir di Meikarta

    Oleh : Ghiok Riswoto25 September 2017 23:31
    INILAH, Bandung,- Mega proyek Meikarta akan menyajikan berbagai bentuk bangunan dari belahan dunia. Tak hanya itu Meikarta juga disebut-sebut sebagai proyek terbesar di Asia Tenggara.

    CEO Meikarta, Ketut Budi Wijaya mengungkapkan, Meikarta akan menghadirkan berbagai bentuk bangunan dari beberapa negara. Itulah yang membedakan Meikarta dengan konsep hunian lainnya.

    Menurut Ketut, Meikarta akan membangun 200.000 unit hunian vertikal atau apartemen. Unit-unit ini pun ditawarkan Lippo Group dengan harga cukup miring.

    Satu unit apartemen dijual mulai dari harga Rp 127 jutaan. Pembeli cukup memberi booking fee sebesar Rp 2 juta dan uang muka sebesar 10 persen. Selanjutnya, pembeli bisa melakukan cicilan hingga 10 tahun alias Rp 1 juta per bulan. Penawaran harga miring ini pun membuat Lippo Group berhasil menjual belasan ribu unit dari penjualan tahap pertama.

    Dikatakan Ketut, berbagai inovasi infrastruktur akan dibangun mengelilingi kota Meikarta. Infrastruktur 1 adalah Bandara Internasional Kertajati, infrastruktur dua Sea Port Patimban, infrastruktur 3 LRT, dan infrastruktur 4 kereta cepat Jakarta-Bandung. Meikarta pun akan memiliki akses ke jalan tol layang Jakarta-Cikampek dan Monorail.

    Selain itu, juga ada tujuh pusat perbelanjaan dengan total luas lahan 1,5 juta meter persegi, pusat kesehatan dan rumah sakit internasional, pusat keuangan internasional, hotel internasional bintang lima, teater opera dan pusat seni, serta perpustakaan nasional.

    "Kota Meikarta akan menjadi pusat keuangan dan pendidikan. Berbagai perusahaan nasional dan internasional serta top universitas dan top sekolah akan dibangun di sana untuk meningkatkan pengetahuan para warga Meikarta," ungkapnya.

    Saat ini lanjut Ketut, beberapa perusahaan nasional dan multinasional yang akan membangun bisnisnya di Meikarta antara lain Astra, Honda, Toyota, Suzuki, Mitsubishi, Isuzu, Panasonic, Toshiba, Hankook, dan Samsung. Lebih dari satu juta produk otomotif dan elektronik pun akan diproduksi di sana.

    Sementara itu, di bidang pendidikan, kota Meikarta akan mendirikan, SD internasional dan sekolah nasional plus, SMP dan SMA nasional dan internasional, serta universitas nasional. Ditambah lagi dengan pusat riset industri, perpustakaan nasional, dan Sillicon Valley Indonesia.(*)