• ACT Ajak Beri Ramadan Terbaik

    Oleh : Doni Ramdhani16 Mei 2018 19:09
    fotografer: Doni Ramdhani
    INILAH, Bandung - Beberapa hari lagi, Ramadan akan segera hadir. Pahala yang berlipat ganda terbuka lapang di bulan suci ini. Menyambut bulan suci itu Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak bangsa Indonesia untuk mewujudkan amal saleh untuk kemanusiaan.

    Pimpinan ACT Jabar Adi Nurdiansyah mengatakan, melalui program "Beri Ramadhan Terbaik" pihaknya mengajak umat muslim berbuat baik untuk sesama bangsa Indonesia maupun untuk meringankan krisis kemanusiaan global.

    "Program ini menekankan pada ikhtiar kuat umat dalam meraih rida-Nya. Ikhtiar terbaik dalam ibadah dan berbagi semata-mata untuk memperoleh penilaian terbaik dari Allah. Apalagi, di bulan suci ini merupakan momen pelipatgandaan ikhtiar dan amalan terbaik umat muslim," kata Adi saat peluncuran di Bandung, beberapa waktu lalu.

    Menurutnya, di dalam negeri ACT memiliki program Humanity Food Truck (HFT). Ini berupa truk layanan makanan gratis untuk warga paling membutuhkan. Layanan ini akan berkeliling ke wilayah prasejahtera di Jabodetabek, Banten, dan Jabar. HFT akan menyediakan makanan berbuka puasa gratis untuk masyarakat prasejahtera. Selain itu, ada pula Humanity Food Van sebagai miniatur HFT yang juga akan hadir di 14 kota se-Indonesia.

    Khusus di Bandung, saat ini setiap Kamis malam food van bergerak menyalurkan paket pangan yang lokasinya berpindah-pindah. Di Ramadan nanti, food van akan membagikan paket berbuka puasa sebanyak 100 porsi perhari. Dan untuk giant food truck akan hadir di Kota Bandung selama empat hari. Ini diakuinya sebagai food truck terbesar di Indonesia.

    Selain itu, ACT juga menggagas Kapal Ramadan. Sesuai identitasnya, kapal ini melakukan pelayaran selama bulan Ramadan nanti. Moda transportasi laut ini akan menjangkau tepian negeri dari barat hingga timur Indonesia. Sementara, untuk ACT Jabar akan mengunjungi daerah tepian Jabar seperti Cianjur dan Garut bagian selatan.

    "Untuk program lokal di Bandung, kita memberikan mobile social rescue (MSR). Program ini menangani pasien medis kurang mampu yang memerlukan biaya tinggi serta tidak tercover oleh BPJS. Di awal tahun ini ACT sudah mengangkat tiga kasus, dan pada Ramadan nanti akan mengangkat 10 kasus MSR," tambahnya.

    Lebih jauh dia menuturkan terkait program global ACT. Program ini berupa solidaritas kemanusiaan dunia islam (SKDI) yaitu program pangan untuk membantu masyarakat di negara konflik maupun negara miskin. Pada bulan suci tahun ini, akan ada delapan negara yang akan disapa ACT. Di antaranya Palestina, Suriah, Yaman, Somalia, Kashmir, Mongolia, Bangladesh (Rohingya), dan Myanmar (Rohingya).

    Sedangkan, berbagi kebaikan juga meluas hingga luar negeri. Khususnya di negara-negara yang mengalami krisis kemanusiaan. ACT turut menyuplai kebutuhan pangan selama Ramadan bagi masyarakat yang terkena dampak krisis kemanusiaan. Kebutuhan pangan tersebut di antaranya, paket pangan Ramadan, paket iftar, serta paket pangan Idul Fitri.

    "Di Ramadan ini, ACT akan menghadirkan syeikh dari Palestina ke Kota Bandung dan beberapa wilayah Jabar untuk memberikan tausyiah serta gambaran kondisi saudara kita," ujar Adi.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT