• Headline

    Pegadaian Swasta di Cirebon Ilegal

    Oleh : erika03 Juli 2018 17:23
    INILAH, Cirebon- Belum satu pun usaha pergadaian swasta di Wilayah Cirebon mendaftarkan diri alias masih beroperasi ilegal. Padahal, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mewajibkan pendaftaran bagi setiap usaha pergadaian.

    Kepala OJK Cirebon, M Lutfi mengungkapkan, pergadaian swasta wajib mendaftarkan diri sebagai Peraturan OJK (POJK) Nomor 31/POJK.05/2016 Tentang Usaha Pergadaian yang dikeluarkan sejak 29 Juli 2016.

    Namun, hingga kini di Cirebon belum ada pergadaian swasta, baik besar dan kecil yang mendaftarkan usahanya.

    "Maka, kami kembali mengingatkan pegadaian swasta yang telah beroperasi sebelum POJK itu terbit, untuk mendaftarkan diri ke OJK sebelum 29 Juli 2018," papar Lutfi.

    Dia menyebutkan, usaha pegadaian di Cirebon tergolong potensial sebagai alternatif pembiayaan di luar bank. Di Cirebon sendiri, sejauh ini baru terindikasi dua pegadaian swasta cukup besar dan asli Cirebon (berkantor pusat di Cirebon), masing-masing berlokasi di Kota Cirebon dan Kota Cirebon.

    Kedua pergadaian swasta yang cukup besar itu belum terdaftar di OJK Cirebon. Di luar keduanya, pergadaian swasta di Cirebon kebanyakan dimiliki individu atau perorangan dan berskala kecil.

    Lutfi menyatakan, usaha pergadaian yang belum terdaftar, bahkan belum berizin, praktis ilegal. Pihaknya bersama PT Pegadaian pun saat ini tengah menelusuri pegadaian swasta yang telah beroperasi, namun belum terdaftar.

    "Entah terdaftar atau berizin, usahanya legal. Sebaliknya, kalau belum terdaftar maupun berizin, sudah pasti ilegal," katanya.

    Daftar merupakan satu tahapan di bawah izin. Pegadaian swasta diminta mendaftarkan diri sebagai upaya mempermudah jenis usaha ini agar mereka beradaptasi dan dapat mengumpulkan modal awal.

    Bila sudah mampu, usaha pegadaian diperbolehkan mengajukan izin, tanpa perlu mendaftarkan diri. Dengan kata lain, terdaftar dapat dilihat sebagai semacam relaksasi peraturan.

    "Untuk usaha pegadaian individu, harus berbadan hukum dulu. Untuk pendaftaran masih boleh bentuk persekutuan komanditer (CV), tapi untuk perizinan harus sudah berbentuk koperasi atau perseroan terbatas (PT)," jelasnya.

    Saat ini, di Cirebon diketahui baru satu pegadaian swasta yang terdaftar yakni Gadai Prima. Hanya, kedudukannya sebagai cabang dengan pusat berada di Semarang, Jawa Tengah.

    Penetapan POJK diklaim bertujuan meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat menengah ke bawah dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), melalui kemudahan akses terhadap pinjaman, memberi landasan hukum bagi OJK dalam pengawasan, memberi kepastian hukum bagi pelaku usaha pergadaian, kehadiran usaha pegadaian yang sehat, dan perlindungan bagi konsumen pengguna jasa pergadaian.


    TAG :


    Berita TERKAIT