• Pemprov Jabar Tambah Rute Proyek Tol Cigatas

    Oleh : Rianto Nurdiansyah15 Agustus 2018 15:16
    fotografer: Ilustrasi/net
    INILAH, Bandung - Pemerintah terus menggenjot infrastruktur dan perekonomian di Jawa Barat. Proyek Tol Cileunyi-Garut-Tasik (Cigatas) akan menambah rute.

    Penjabat Guberbur Jawa Barat Mochamad Iriawan mengatakan, tol ke wilayah Selatan akan semakin panjang. Pihaknya berupaya menghubungkan wilayah strategis yang meliputi Gedebage-Majalaya- Garut-Tasik-Ciamis-Banjar-Cilacap.

    "Sepanjang 186 kilometer, akan menghubungkan wilayah strategis. Kan di Cilacap ada pelabuhan, saya juga tetap ingin ada beberapa pelabuhan di Selatan Jabar, " ujar Iriawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (15/8/2018).

    Iriawan mengatakan, proyek tersebut sudah mendapatkan respons dari Pemerintah Pusat. Termasuk disampaikan kepada Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla ketika berkunjung ke Bandung, beberapa waktu lalu. "Selama ini kalau daerah mau bangun infrastruktur pusat selalu membantu kalau dana ada," ucapnya.

    Target berikutnya, tol juga bakal dibangun pada rute Sukabumi-Cianjur-Padalarang. Pihaknya mengupayakan proyek ini bisa direalisasi satu hingga dua tahun ke depan.

    Sedangkan untuk Cigatas, akan diupayakan Ground Breaking tahun depan. "Tapi tahun ini kita dorongnya. Karena kita merespons gimana kita percepat. Kalau kita mau, enggak terlalu sulit," ucapnya.

    Iriawan mengatakan, pihaknya menginginkan Tol Cigatas terkoneksi dengan Cisumdawu dan Tol Garut. Sehingga, bisa menekan logistik. Misalnya, komoditas seperti sayuran dari Garut menuju Cirebon tak harus melalui Jakarta. "Logistik mahal, nanti kalau ada tol bisa cepat. Ada komoditas dari Garut untuk Cirebon," imbuhnya.

    Iriawan juga meminta masyarakat untuk mendukung proyek infrastruktur di Jabar. Sebab, kelak akan mendongkrak perekonomian. Karena itu, dia tidak mengharapkan investor berpaling ke daerah lain.

    "Semua akan naik kesejahteraan. Masyarakat akan hidup. beberapa tumbuh, restoran, hotel pabrik, perumahan," pungkasnya. [gin]

    TAG :


    Berita TERKAIT