• Enam Pelajar Purwakarta Terjaring Razia Saat Main Game di Warnet

    Oleh : Asep Mulyana15 November 2017 19:30
    fotografer: ilustrasi
    INILAH, Purwakarta - Enam pelajar tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Purwakarta, terciduk tengah membolos di sebuah warung internet (warnet) saat jam belajar oleh petugas gabungan dari Dinas Pendidikan dan aparat kecamatan, Rabu (15/11/2017). Ke enam pelajar tersebut, terpaksa harus mendpat sanksi tegas dari sekolah masing-masing.‎
    Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto membenarkan terkait hal tersebut. Menurutnya, enam pelajar itu tertangkap saat bermain game di warnet pada rentang waktu 09.00 WIB-11.00 WIB. Artinya, mereka sengaja membolos di jam-jam pelajaran sekolah.

    "‎Mereka langsung di gelandang ke kantor dinas," ujar Purwanto, Rabu (15/11/2017).

    Keenam pelajar tersebut, lanjut Purwakarta, akan dikenakan sanksi oleh sekolah masing-masing. Yakni, mendapat skorsing selama sepekan. Bahkan, bila tiga kali mereka melakukan hal yang sama, maka ancaman sanksinya lebih berat lagi. Yaitu, dikeluarkan dari sekolahnya.

    Menurut Purwanto, sebenarnya Pemkab Purwakarta sudah mengeluarkan larangan bagi jam operasional warnet. Yaitu, dilarang menerima pelajar di jam-jam sekolah. Ternyata, masih ada warnet yang menerima pelajar.
    ‎‎
    Kedepan, razia pelajar akan intensif ditingkatkan lagi. Dengan begitu, pihaknya meminta supaya masyarakat juga pro aktif dalam melaporkan pelajar yang membolos sekolah. Baik itu mereka nongkrong di warnet ataupun fasilitas publik lainnya.
    Sementara itu, Kasi Trantib Kecamatan Purwakarta, Engkun Kuntadi, mengatakan, para pelajar itu terjaring razia saat berada di Warnet Hesa, Perum Panorama, Kelurahan Cisereuh. Mereka, kedapatan sedang bermain game on line. Dari ke enam pelajar itu, tiga statusnya pelajar SMP dan tiga lainnya pelajar SMK.

    "Saat kita tangkap, mereka masih lengkap menggunakan seragam berikut sepatu sekolahnya," ujar Engkun.
    Tak hanya itu, pihaknya juga akan memanggil pemilik warnet untuk dimintai keterangannya. Pasalnya, ada larangan bagi warnet yang menerima pelajar saat jam sekolah. [jek]

    Tags :
    #warnet #pelajar


    Berita TERKAIT