• Taman Satwa Cikembulan Tutup Selama Ramadan

    Oleh : Nul Zainul Mukhtar15 Mei 2018 19:45
    INILAH, Garut- Seperti Ramadan tahun-tahun sebelumnya, aktivitas kapariwisataan di lingkungan Taman Satwa Cikembulan Kadungora Garut selama Ramadan 1439 H/2018 sekarang pun ditutup untuk umum.
    Selama sebulan penuh, satwa di lingkungan Taman Satwa Cikembulan dibiarkan menikmati suasana sunyi dari interaksi dengan para pengunjung selama masa jeda aktivitas kepariwisataan.

    Pengelola pun mendapatkan kesempatan berkonsentrasi menata sarana prasarana tersedia, dan memberikan perawatan penuh kepada satwa-satwa yang ada di lembaga konservasi tersebut.

    Taman Satwa Cikembulan kembali membuka aktivitas kepariwisataannya, atau dapat dikunjungi wisatawan mulai hari Hari pertama Idul Fitri.

    "Selama sebulan, kita berikan rehat bagi satwa-satwa. Kita juga melakukan perbaikan sejumlah fasilitas sebagai persiapan menghadapi lonjakan pengunjung pada Hari Raya Idul Fitri,” kata Manajer Taman Satwa Cikembulan Rudy Arifin, Selasa (15/5/18).

    Menurutnya, selama Ramadan, pihaknya berupaya memenuhi kebutuhan operasional dan pakan hewan dengan mengoptimalkan sebagian pendapatan diperoleh sewaktu ramai kunjungan liburan sekolah, dan beberapa hari menjelang masuk Ramadan.

    Sumber biaya operasional, dan pemenuhan kebutuhan pakan satwa sendiri selama ini diperoleh dari hasil pengelolaan tiket masuk yang ditarik dari para pengunjung. Hal itu termasuk biaya pembelian pakan, obat-obatan, serta pembayaran para karyawan, dan dokter hewan.

    “Alhamdulillah. Beberapa hari sebelum Ramadan juga ada peningkatan jumlah pengunjung sekitar 30 persen dibandingkan hari-hari biasa. Itu yang kita siasati pemanfaatannya untuk biaya operasional, dan pakan satwa yang selama Ramadlan harganya biasanya meningkat,” ujar Rudy.

    Untuk liburan panjang Idul Fitri sendiri, dia menyatakan agak sulit memasang target kunjungan wisatawan karena terkendala kondisi akses jalan lintasan menuju Taman Satwa Cikembulan hingga kini terkesan masih dibiarkan rusak cukup parah.

    Namun diperkirakan, lonjakan pengunjung selama liburan panjang Idul Fitri mencapai sekitar 30.000 pengunjung.


    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT