• Headline

    H+5 Arus Mudik Kembali Padat, Satu Arah Diberlakukan di Tol Palikanci

    Oleh : erika20 Juni 2018 18:49
    INILAH, Cirebon- Sistem satu arah (one way) kembali diberlakukan di jalur Tol Palikanci Cirebon hingga Jakarta pada H+5 lebaran atau Rabu (20/6) sore. Penumpang KA pun kembali melonjak pada hari yang sama.

    Di Gerbang Tol Palimanan, Kabupaten Cirebon, sistem satu arah bagi kendaraan yang mengarah ke Jakarta setidaknya mulai diberlakukan pukul 17.00 WIB. Persiapan pemberlakuan sistem satu arah sendiri telah dilakukan petugas sejak pukul 15.00 WIB.

    Sistem satu arah sejauh ini diawali pada KM 131 hingga Cikampek. Hingga Rabu petang, sedikitnya 19 gerbang tol dibuka bagi pemudik yang menuju Jakarta dari arah Jawa Tengah (Jateng).

    Pemberlakuan sistem satu arah pun menyebabkan antrean kendaraan sepanjang sekitar satu kilometer di Gerbang Tol Palimanan yang merupakan gerbang antara Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) dengan Cikopo-Palimanan (Cipali).

    Sistem satu arah pada Rabu sore merupakan kali kedua diberlakukan petugas, setelah pada Selasa (19/6) sistem ini pula diberlakukan. Tujuannya tak lain demi mengurai kepadatan arus kendaraan pemudik di jalur tol.

    Serupa dengan sebelumnya, kendaraan yang mengarah ke Jateng terpaksa diarahkan ke jalur arteri pasca sistem satu arah diberlakukan di tol. General Manager Operasional PT Lintas Marga Sedaya sebagai pengelola jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Suyitno mengungkapkan, kepadatan arus lalu lintas masih terjadi di Tol Cipali pada Rabu (20/6), nyaris serupa pada Selasa (19/6).

    "Cipali padat, lalu lintasnya tinggi. Sementara, ada pelambatan arus di rest area," katanya, Rabu.

    Berdasarkan data pihaknya, sejak H-10 hingga H+4 sedikitnya 528 ribu kendaraan sudah melintasi Tol Cipali. Dari jumlah itu, jumlah pemudik yang kembali ke Jakarta terdata sekitar 248 ribu kendaraan.

    "Masih ada sekitar 280 ribu kendaraan atau 46% pemudik yang belum kembali ke arah timur (Jakarta)," cetusnya.

    Pihaknya memperkirakan, puncak arus balik terjadi pada Selasa-Rabu ini. Meski begitu, keramaian arus lalu lintas diprediksi masih akan terjadi hingga akhir pekan ini mengingat masa libur bagi pelajar masih berlangsung.

    Sementara, berdasarkan data Polres Cirebon, sedikitnya 40.841 kendaraan mengarah ke Jakarta dari Gate Tol Palimanan pada pukul 00.00-16.00 WIB pada Rabu (20/6). Sedangkan sekitar 8.213 kendaraan mengarah ke Jateng pada masa yang sama.

    Di jalur arteri Losari, Kabupaten Cirebon, sepanjang pukul 00.00-16.00 WIB, sedikitnya 197.200 kendaraan telah menuju Jakarta dan 13.081 kendaraan telah menuju Jateng. Dengan kata lain, jumlah kendaraan yang melintas Losari sejak tengah malam hingga sore tercatat 210.281 unit.

    Terpisah, arus balik penumpang kereta api (KA) di stasiun-stasiun Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon kembali meningkat pada Rabu (20/6) dibanding hari sebelumnya.

    Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro menyebutkan, jumlah penumpang KA yang berangkat dari stasiun-stasiun Daop 3 Cirebon pukul 00.00-16.30 WIB mencapai 10.528 orang.

    "Jumlah itu naik dibanding sepanjang Selasa (19/6) yang mencapai 10.397 orang," katanya, Rabu (20/6).

    Pihaknya memprediksi, jumlah penumpang KA arus balik di stasiun-stasiun Daop 3 Cirebon mencapai 10.700 orang. Meski meningkat, imbuhnya, jumlah itu tak sampai melebihi jumlah penumpang arus balik pada Senin (18/6) yang dinyatakan sebagai puncak arus balik lebaran.

    Pada Senin (18/6), jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun-stasiun wilayah Daop 3 Cirebon mencapai 10.953 orang. Jumlah tersebut paling tinggi dibanding jumlah penumpang KA pasca Idul Fitri.

    Jumlah penumpang KA arus balik di stasiun-stasiun Daop 3 Cirebon sempat turun menjadi 10.397 orang pada Selasa (19/6). Menurutnya, meningkatnya kembali jumlah penumpang KA pada Rabu (20/6) dibanding Selasa (19/6) itu karena Rabu merupakan hari terakhir libur lebaran bagi kebanyakan pegawai, khususnya instansi pemerintahan yang harus kembali masuk kerja pada Kamis (21/6).

    TAG :


    Berita TERKAIT