• Gagal di Pilbup Garut 2018, Sejumlah Cabup/Cawabup Banting Stir Daftar Pileg

    Oleh : Nul Zainul Mukhtar15 Juli 2018 20:07
    INILAH, Garut-Kendati hampir dipastikan perolehan suaranya tak memungkinkan menang dalam Pemilihan Bupati dan Wabup Garut 2018, sejumlah calon Bupati/Wabup Garut tak putus asa melanjutkan aktivitasnya di dunia politik.

    Mereka mantap melanjutkan karir politiknya dengan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 melalui partai politik yang semula mengusungnya pada Pilbup.

    Calon Bupati/Wabup Garut yang kini disebut-sebut mendaftarkan diri ikut kontestasi pada Pileg 2019 itu antara lain Iman Alirahman, Agus Hamdani, dan Pradana Aditya Wicaksana.

    “Pak Iman memang mendaftar caleg. Awalnya untuk ke DPR RI, tapi kemungkinan jadinya di Garut (DPRD Garut),” kata Ketua Bappilu DPD Partai Golkar Garut Deden Sopyan.

    Golkar sendiri, lanjutnya, kemungkinan menyerahkan daftar bakal calon anggota legislatif (bacaleg)-nya ke KPU Kabupaten Garut mendekati hari terakhir penerimaan pendaftaran bacaleg.

    Sepertinya halnya Cabup nomor 2 Iman Alirahman yang diusung Partai Golkar dan PDIP, Cabup nomor 4 Agus Hamdani yang diusung PPP, PAN, dan Hanura juga berencana mendaftarkan diri sebagai caleg.

    Namun Agus Hamdani yang juga Ketua DPC PPP Garut belum dipastikan mencalonkan ke DPRD Garut, DPRD Provinsi Jawa Barat, atau ke DPR RI. Hal tersebut dibenarkan Sekretaris DPC PPP Garut Beben Ridwan, Ahad (15/7/18).

    “Insya Allah ! (Agus Hamdani akan mencalonkan diri jadi anggota legislatif). Namun belum pasti ke mananya,” ujarnya.

    Agus Hamdani sendiri tercatat pernah menjadi anggota DPRD Garut dari PPP hasil Pileg 2009 sebelum kemudian diangkat menjadi Wabup Garut menggantikan Diki Candra, dan berlanjut diangkat menjadi Bupati Garut menggantikan Aceng HM Fikri.

    PPP sendiri, kata Beben, berencana menyerahkan daftar bacalegnya ke KPU Garut pada hari terakhir pendaftaran, yakni 17 Juli 2018 ini.

    Pasangan Agus Hamdani pada Pilbup Garut 2018, yakni Cawabup Garut Pradana Aditya Wicaksana juga berencana meramaikan kontestasi Pileg 2018.

    Berbeda dengan Agus Hamdani, Pradana Aditya sudah hampir dipastikan mendaftar melalui PAN untuk membidik posisi legislator di DPR RI.

    “Ya ! (Pradana Aditya Wicaksana mencalonkan diri sebagai anggota legislatif). Ke DPR RI,” kata Sekretaris DPD PAN Garut Ade Suryana.

    Balon Bupati Garut Agus Supriadi yang gagal melanjutkan “pertarungannya” di Pilbup Garut 2018 juga disebut-sebut akan mencalonkan diri menjadi anggota legislatif melalui Partai Demokrat. Namun peluangnya kemungkinan bakal terganjal lagi dengan terbitnya PKPU yang baru.

    “Enggak tahu (apakah Agus Supriadi mencalonkan di legislatif, atau tidak). Soalnya, kan ada PKPU yang baru,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Garut Ahmad Bajuri.

    Hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara tingkat Kabupaten Garut digelar KPU Kabupaten Garut di Gedung Bela Negara Jalan Cipanas Baru Garut pada 5 Juli 2018, pasangan calon (paslon) Bupati dan Wabup Garut nomor urut 1 Rudy Gunawan dan Helmi Budiman (Gerindra-PKS-Nasdem) meraih suara terbanyak pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Garut Tahun 2018 dengan suara sebanyak 428. 113 (35,8%) suara.

    TAG :


    Berita TERKAIT