• 2019, Garut Prioritaskan Tuntaskan Pengentasan Kemiskinan

    Oleh : Nul Zainul Mukhtar17 Juli 2018 18:13
    INILAH, Garut- Kabupaten Garut mengagendakan penuntasan pengentasan kemiskinan sebagai prioritas program pembangunan memasuki 2019 mendatang.

    Menurut Wabup Garut Helmi Budiman, penuntasan pengentasan kemiskinan tersebut dilakukan dengan berupaya memacu pertumbuhan baru perekonomian daerah.

    Antara lain merehabilitasi pembangunan infrastruktur akses jalan, dan jembatan hingga ke pelosok-pelosok, serta mewujudkan pasar-pasar tradisional di pedesaan.

    “Termasuk meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) penyerapan tenaga kerja” ujarnya, Selasa (17/7/18).

    Dikatakan, upaya penuntasan pengentasan kemiskinan juga dilakukan dengan dikembangkannya ragam potensi pariwisata di pedesaan yang bisa meningkatkan daya beli masyarakat setempat.

    Sebab, industri pariwisata dipastikan dapat menciptakan “multiplier effect” secara ekonomi.

    Salah satu akses jalan wisata diagendakan dilakukan rehabilitasi pada 2019 yakni ruas lintasan jalan menuju obyek wisata Taman Satwa Cikembulan di wilayah Kecamatan Kadungora.

    Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Garut pada 2017 tercatat mencapai sebanyak 291.240 jiwa (11,27 %). Jumlah tersebut menurun dibandingkan pada 2016 yang mencapai sebanyak 298.520 jiwa (11,64 %).

    Pemkab Garut sendiri saat ini sedang sibuk melakukan pembahasan bersama DPRD setempat berkaitan penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA), dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD Garut Tahun 2018.

    Helmi menyebutkan, pihaknya sedang gencar melaksanakan pembinaan kepegawaian, dan penuntasan beragam pekerjaan fisik pembangunan. Sehingga dia optimis bisa menuntaskan target realisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Garut 2014-2019.


    TAG :


    Berita TERKAIT