• Kendaraan Muatan Berlebih di Tol Palikanci Ditilang

    Oleh : erika17 Juli 2018 18:55
    INILAH, Cirebon- Puluhan kendaraan berat melebihi muatan yang melintas jalan tol Palimanan-Kanci (Palikanci) ditilang, Selasa (17/7). Kendaraan berat yang melebihi dimensi kendaraan maupun muatan pun tak luput.

    Penilangan dilakukan tim gabungan dari Polda Jawa Barat, Polres Cirebon Kota, Polres Cirebon, PT Jasa Marga, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon, dalam operasi penertiban kendaraan berat, di titik Rest Area KM 208.

    Penertiban dilakukan karena selama ini kendaraan berat dinilai sebagai salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan tol.

    Tak hanya itu, kendaraan dengan muatan berlebih juga menjadi penyebab dominan kerusakan jalan tol. Kanit PJR Tol Palikanci Polda Jabar, AKP M Sofyan E menjelaskan, penindakan terhadap pelanggar hanya berupa penilangan.

    "Sanksinya disesuaikan dengan jenis pelanggaran," kata Sofyan.

    Dalam Undang Undang Lalulintas sendiri, pengendara yang tak mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dan dimensi kendaraan, sesuai pasal 307 juncto pasal 169 ayat (1) dikenakan denda maksimal Rp500 ribu.

    Traffic Management Manajer PT Jasa Marga Tol Palikanci, Agus Hartoyo menyebutkan, selain penilangan, pada buku kir kendaraan yang melanggar dibubuhi cap bertuliskan peringatan 1 sampai 3. Stempel bertuliskan peringatan itu dijanjikannya akan mempengaruhi dalam proses uji kir.


    TAG :


    Berita TERKAIT