• Headline

    PSU Kota Cirebon, Petahana Unggul Sementara

    Oleh : erika22 September 2018 18:42
    fotografer: Erika Lia Lestari
    INILAH, Cirebon- Pasangan calon (paslon) petahana, Nashrudin Azis-Eti Herawati (Pasti), unggul sementara berdasarkan penghitungan suara internal pada pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Cirebon 2018, Sabtu (22/9).

    PSU dilaksanakan di 24 TPS di enam kelurahan yang tersebar di empat kecamatan. Berdasarkan penghitungan suara internal Tim Pasti hingga Sabtu petang, Azis-Eti atau paslon nomor urut dua ini unggul dibanding pasalon nomor urut satu, Bamunas Setiawan Boediman/Oki-Effendi Edo (Oke).

    Ketua Tim Gabungan Kampanye Pasti, Handarujati Kalamullah menyebut, Pasti unggul dengan 2.997 suara atau 50,45%. Sementara, Oke meraih 2.943 suara atau 49,55%.

    "Selisihnya 54 suara atau 0,91% di 24 TPS," ujarnya saat penghitungan cepat di Kantor Sekretariat Partai Demokrat Kota Cirebon yang juga difungsikan sebagai Kantor Sekretariat Gabungan Tim Pasti.

    Menanggapi itu, di hadapan media massa dan para pendukungnya, Azis pun sempat sujud syukur. Dia pun menilai, PSU telah berjalan lancar, aman, dan tertib.

    "Lupakan semuanya, sekarang songsong yang baru. Semoga ini diridhoi," ucapnya.

    Sekalipun diakui perolehan suara tersebut masih sementara, dia meyakini, kelak hasil penghitungan oleh KPU pun tak akan jauh berbeda. Dia beralasan, penghitungan suara sementara itu dilakukan dengan bersumber pada C1 Plano.

    Azis sendiri berencana mendatangi rivalnya, Bamunas. Dia meyakinkan, apapun yang telah dilakukan pihak Oke, Oki dan Edo merupakan aset berharga.

    "Kami tetap berterimakasih kepada Tim Oke. Apapun yang mereka lakukan adalah langkah benar, kami tetap menghormati mereka," tegasnya.

    Disinggung kemungkinan adanya gugatan kembali dari Tim Oke, Azis menolaknya. Dia meyakini, para penyelengara pemilu di Kota Cirebon telah bekerja baik.

    "Kita tak perlu berandai-andai karena KPU sudah menutupi kekurangannya. KPU sudah menunjukkan kinerja yang lebih baik dalam PSU ini," tuturnya.

    Sementara itu, Azis meminta para pendukungnya tak melampiaskan euforia keunggulan sementara hari itu dengan berkonvoi di jalan. Dia mengingatkan para pendukungnya untuk tertib dan menjaga hak orang lain.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT