• Headline

    Usai Kalahkan Persib, Barito Ditinggalkan Pemainnya

    Oleh : redaksi19 Juni 2017 09:00
    INILAH, Bandung- Nilai tiga poin yang didapat Barito Putera di kandang atas Persib, membuat pelatih Jacksen F Tiago merasa girang dan bangga. Apalagi tim yang dapat dikalahkan timnya adalah Persib Bandung yang merupakan salah satu tim terkuat di liga ini.

    Jacksen merasa permainan anak asuhnya sudah memenuhi harapan, hingga bisa mengimbangi tim Persib Bandung yang diperkuat pemain berkelas dunia Michael Essien yang pernah bermain di Liga Inggris.

    "Kita sama tahu, Persib Bandung adalah tim kuat, tapi tim kita berhasil mengalahkannya," kata Jacksen.

    Menurut dia, kemenangan tim tidak luput dari besarnya dukungan suporter Barito Putera, hingga semangat pemain terpompa dan bermain cukup baik.

    "Kita harap laga seperti ini akan konsisten diperankan tim kita hingga akhir kompetisi," paparnya.

    Pemain tengah PS Barito Putera Matias Jesus Cardoba berhasil membawa kemenangan timnya atas Persib Bandung 1-0 pada lanjutan Go-Jek Traveloka Liga 1 di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu.

    Pemain asal Argentina ini menunjukkan tendangan "geledeknya" di luar kotak 16 lawan pada menit ke-65 yang menghujam ke dalam gawang yang dijaga kiper Persib Bandung I Made Wirawan.

    Cardoba berhasil mengolah gol semata wayang bagi Barito Putera tersebut setelah mengontrol dari muntahan bola sundulan kepala bek lawan yang menghadang umpan lambung Nazar Nurzaidin, tanpa melakukan penguasaan lama, bola langsung ditendangnya dengan keras.

    I Made Wirawana yang terlanjur maju harus berjuang menggapai bola lambung tendangan keras Cardoba tersebut, namun tidak tersentuh, hingga gol 1-0 dirayakan para pemain Barito Putera.

    Persib Bandung yang ketinggalan 0-1 pada babak kedua mencoba melakukan serangan agresif, lewat pemain andalannya Michael Essien tetap tidak menuai hasil, bahkan Barito Putera sempat hampir menambah gol.

    Lewat serangan balik, penyerang Thiago Dos Santos Cunha sempat menguasai bola hingga masuk dalam kotak pinalti lawan tanpa pengawalan, tapi tendangannya masih lemah hingga bisa dihadang bek lawan.

    Manajer PS Barito Putera Hasnuryadi Sulaiman HB menyatakan penyerang asing andalan timnya, Thiago Dos Santos Cunha asal Brasil akan pindah ke klub baru di Negara Thailand.

    "Kami manajemen klub merestui hijrahnya Cunha ke klub di Thailand tersebut," ujarnya dalam jumpa pers setelah Barito Putera mengalahkan Persib Bandung dengan skor 1-0 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Minggu.

    Hasnuryadi yang didampingi pelatih Jacksen F Tiago dan Cunha menyatakan klubnya melepas Cunha bukan karena dijual ke klub Thailand tersebut.

    "Meskipun kontraknya masih ada di Barito Putera, tapi kami lepas dengan ikhlas atas keinginannya pergi ke klub lain di Thailand itu," tuturnya.

    Dia mengatakann klub Barito Putera mengutamakan rasa kekeluargaan dan bukan semata-mata mementingkan materi.

    "Ini pesan pendiri Barito Putera (H Abdussamad Sulaiman HB), kalau masuk dalam klub, dia jadi keluarga, termasuk Cunha ini," tutur Hasnuryadi.

    Hingga kini, kata anggota DPR ini, meskipun Cunha meninggalkan Barito Putera dan pindah ke klub lain, tetap dianggap bagian dari keluarga Barito Putera untuk selamanya.

    "Tentunya kalau keluarga itu, ada rasa saling memiliki dan terus mendoakan yang terbaik. Barito Putera doakan bisa sukses selalu di klub barunya," paparnya.

    Dia berharap kepergian Cunha tidak mempengaruhi permainan Barito Putera di Go-Jek Traveloka Liga 1 ini, sebab timnya masih banyak stok pemain bagus.

    "Ini tentunya jadi kesempatan bagi pemain lainnya untuk bisa menggantikan peran Cunha di klub. Kami yakin ada dan banyak," paparnya.

    Hasnuryadi menyatakan klubnya tidak menuntup kemungkinan pada musim transfer pemain mendatang, akan kembali merekrut pemain asing guna menggantikan posisi Cunha tersebut.

    "Pokoknya kami serahkan sepenuhnya kepada pelatih (Jacksen F Tiago) untuk keputusan itu," paparnya.

    Sementara itu, Cunha menyatakan akan tetap mencintai Barito Putera, meskipun dia tidak lagi merumput bersama klub tersebut.

    "Selama empat bulan saya bergabung dengan Barito Putera penuh kesan dihidup saya, baik sama manajer, pelatih, teman-teman pemain juga para suporter," ujarnya.

    Dia berharap kepergiannya tidak akan mengurangi permainan terbaik Bariro Putera, sebab klub memiliki banyak pemain hebat.

    "Saya doakan Barito Putera akan terus berjaya dan memperoleh kemenang demi kemenangan," harapnya.

    Jacksen F Tiago menyatakan Cunha banyak memberikan kontribusi bagi klub Barito Putera, sehingga tentunya akan membawa pengaruh.

    "Meskipun, dia sempat dibekap cedera, bahkan absen sebanyak delapan pertandingan, saat turun melawan Persib ini, saya percayakan 90 menit menurunkannya," kata pelatih asal Brasil itu.

    Namun, dia menegaskan Barito Putera akan tetap bisa berjaya tanpa kehadiran Cunha, sebab para pemainnya sudah saling bersinergi di lapangan untuk membawa kemenangan demi kemenangan. [ito]




meikarta.. the world of ours