• Headline

    Masukan Mantan Pemain: Manajemen Harus Mau Dikritik Jika Ingin Persib Berprestasi

    Oleh : Yogo Triastopo05 Desember 2017 16:53
    INILAH, Bandung - Prestasi Persib Bandung di GoJek Traveloka Liga 1 2017 mendapat kritikan tajam dari berbagai pihak. Lantas hal apa yang harus dilakukan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) agar ketidakberdayaan Maung Bandung tidak kembali terjadi di musim 2018.

    Pengamat sepak bola asal Bandung Robby Darwis, memiliki beberapa saran.

    Dihubungi INILAH, mantan pemain skuat Persib ini mengatakan sebaiknya PT PBB mulai melakukan evaluasi pada semua unsur tanpa terkecuali. Termasuk memberikan kepercayaan penuh kepada pelatih.

    "Evaluasi secara menyeluruh. Itu yang harus dilakukan PT PBB saat ini apabila ingin Persib kembali pada jalur prestasi dan sudah saatnya pelatih harus diberikan kepercayaan penuh," kata Robby Selasa (5/12/2017).

    Kepercayaan, disampaikan dia terkait dalam perekrutan pemain. Juru taktik Maung Bandung harus diberikan kebebasan memilih dan merekrut para pemain untuk komposisi tim di musim depan.

    Selain hal itu, PT PBB dituturkan dia harus mulai mendengar kritikan baik dari pihak luar dan keluhan para skuat Persib itu sendiri.

    "Selama ini banyak keluhan dan komentar. Ini yang harus diperbaiki oleh manajemen. Jangan sampai ini terus terulang dan terulang lagi. Manajemen harus mau dikritik jika ingin Persib berprestasi," ucapnya.

    Faktor usia pemain, disebut Robby menjadi satu faktor lain yang harus diperhatikan oleh manajemen. Dia menilai, sudah saatnya manajemen merekrut dan memperdayakan pemain-pemain usia muda.

    "Seperti di lini belakang mulai dari bek kiri dan kanan sudah harus ada penyegaran. Kalau saya sendiri boleh memilih, rekrutlah pemain yang usianya di bawah 30. Di atas itu kinerjanya saya lihat mulai menurun," ujar dia.

    Dia menyebut perekrutan pemain harus dilandasi dari keinginan sang juru taktik.

    "Pemain itu tergantung selera pelatih. Tetapi tidak menutup kemungkinan pelatih baru Persib membawa pemain-pemain dari Malaysia. Tetapi pada intinya, pelatih harus diberikan kepercayaan penuh dalam hal ini," ucapnya.

    Dengan durasi dua tahun, Robby optimistis jika Roberto Carlos Mario Gomez dapat membawa Maung Bandung pada jalur prestasi. Dia menilai, Gomez tidak akan kesulitan untuk beradaptasi dengan kompetisi liga Indonesia.

    "Saya rasa tidak akan kesulitan untuk cepat beradaptasi, karena kompetisi di Indonesia tidak terlalu jauh dengan Malaysia. Sekarang tergantung Mario Gomez, bisa cepat memahami atau tidak," tandas dia. [ito]