• Headline

    Kebangaan Persib, Bus Digunakan Jokowi

    Oleh : Rianto Nurdiansyah06 Desember 2017 14:13
    fotografer: Bambang Prasethyo
    INILAH, Bandung- Selama 16 tahun menjadi pengemudi bus Persib Bandung, Wawan Kuswandi (54) baru kali pertama merasakan bangga yang luar biasa.

    Pria asal Lembang Jawa Barat ini berkesempatan mengendarai bus yang ditumpangi Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, saat peresmian Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja), Senin (4/12/2017) Siang.

    Ya, orang nomor satu di Indonesia tersebut memilih menggunakan bus Persib. Tak hanya Jokowi -sapaan Joko Widodo-, namun beberapa menteri Kabinet Kerja dan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan pun menumpangi bus tim kebangaan bobotoh tersebut. Termasuk beberapa penggawa Maung Bandung dan Oficial.

    "Buat saya pribadi, perasaannya bangga sekali bisa membawa orang nomor satu di Indonesia," ujar Wawan.

    Pada kesempatan itu, Wawan berkesempatan pula berjabat tangan dengan Jokowi. Kata dia, hal tersebut akan menjadi momen yang sulit dilupakan.

    "Pak Presiden tanya kepada saya, sedang sehat atau tidak, sambil salaman," ucapnya.

    Kesempatan bisa mengantarkan Presiden RI ke-7 itu, kata dia, membuat keluarganya pun ikut merasa bangga. Pulang ke rumah, Wawan menceritakan kepada mereka.

    "Tetangga juga pada bilang, katanya hebat bisa mengendarai bus yang ditumpangi Presiden. Karena langka, jarang setiap orang punya kesempatan," paparnya.

    Kendati tak sempat ngobrol bareng, namun dia katakan, Jokowi sempat memberikan penilaian positif pada bus Persib. Kata Wawan, orang nomor satu tersebut sempat mengatakan bila bus Maung Bandung bagus.

    "Responnya bagus. Di dalam bus beliau bilang kendaraan Persib itu keren," ungkapnya.

    Sementara itu, Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar pun mengaku bangga bus Persib digunakan orang paling penting di Negeri ini. Umuh dan awak Maung Bandung turut mendampingi Jokowi kala menyusuri Tol Soroja.

    "Semua merasa bangga bahagia, di situ suatu kebahagian tersendiri, pemain terutama supir karena Pak Jokowi (duduk) di depan," ujar Umuh.

    Menurut Umuh, hal ini menandakan bahwa Jokowi peduli dengan sepak bola nasional. Diketahui, skuat Maung Bandung pun sempat diundang ke Istana Negara kala juara Piala Presiden 2015 lalu.

    "Presiden memperhatikan persepakbolaan. Nanti mungkin bukan hanya ke Persib saja tapi ke tim yang lain juga seperti itu, luar biasa," paparnya.

    Menurut Umuh, orang nomor satu di Indonesia itu pun memberikan acungan jempol pada bus Persib. Sebab merasa nyaman tatkala melaju di tol Soroja.

    "Beliau mengatakan, aduh ini mobilnya enak, bagus. Tidak ada ngobrol lain lagi," pungkasnya.

    Alat transportasi skuat Maung Bandung ini baru diperkenalkan pada publik pada Juni 2017 lalu. Jika melihat speksifikasi, tak salah Presiden Jokowi menggunakannya dalam kegiatan resminya. Seperti apa?

    Bus tersebut menggunakan Menggunakan mesin Hino RN series bermesin 7.684 cc, dan mampu menghasilkan tenaga 285 dk serta torsi 892 Nm.

    Konsep ini mengedepankan kenyamanan sekaligus kecanggihan dengan desain futuristis. Ditunjang rakitan karesori Laksana yang memiliki konsep All New Legacy SR-2 HD Prime.

    Dengan panjang 11,6 meter, lebar 2,45 meter, dan tinggi 2,02 meter, bus ini mampu menampung 59 kursi. Hanya saja, dipangkas menjadi 44 kursi saja plus satu toilet untuk kenyamanan.

    Penempatan pintu masuk penumpang ada di bagian depan dan tengah, menggunakan jenis pneumatic door. Memasuki bagian kabin, dominasi ornamen biru senada dengan warna yang identik dengan tim kebangaan bobotoh ini. Itu tampak mulai dari lantai, bagasi, jok.

    Sektor pencahayaan di dalam kabin pun diatur dengan menggunakan Advance Lega Light System yang mempunyai empat tema kontrol warna.

    Sebagai penunjang lain, TV LED 30 inci terpasang di bagian depan ditambah ukuran 22 inci di bagian tengah. Keduanya dilengkapi pemutar DVD dan tata suara 8 buah speaker dan satu subwoofer. [jek]