• Headline

    Kondisi Fisik Pemain Persib Makin Oke

    Oleh : Rianto Nurdiansyah03 Januari 2018 17:50
    fotografer: Bambang Prasethyo
    INILAH, Bandung-Pelatih Fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya mengatakan kondisi kebugaran penggawanya sudah mencapai 70 persen jelang mentas di Piala Presiden 2018. Dia katakan, ada beberapa elemen lagi yang perlu ditingkatkan terutama mengenai aerobik.

    Karena itu, dia memberikan program aerobik pada sesi latihan Rabu (3/1/2017).

    "Sedikit-sedikit kita kombinasikan. Makin lama mengerucut aerobic kurangi, speed ditingkatkan, intensitas juga," ujar Yaya.

    Selama menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta, Yaya sampaikan, penggawanya sudah diberikan kapasitas aerobik dengan lintasan. Menurut dia, Atep CS bisa melalui program tersebut tanpa kesulitan.

    "Itu yang jadi salah satu acuan kita melihat perkembangan gimana kondisi pemain semakin meningkat," katanya.

    Skuatnya memang diistirahatkan selama tiga hari usai menjalani pemusatan latihan. Meski begitu, jajaran pelatih memberikan pekerjaan rumah agar pemain bisa menjalani latihan individu.

    "Semacam pekerjaan rumah tapi enggak terlalu dibebankan untuk harus dilakukan, kita hanya lakukan beberapa alternatif pilihan jalan kaki dan sepeda," paparnya.

    Ada rencana timnya kembali menggelar pemusatan latihan, pekan depan. Kali ini bakal dilaksanakan di Batam. Yaya sampaikan, pemusatan tersebut dilakukan untuk melihat sejauh mana kesiapan pemainnya.

    "Lebih cenderung ke uji coba, mungkin coach (Mario Gomez) ingin melihat gimana tim ini matang dalam satu uji coba. Dalam arti kerjasama antar lini gimana menterjemahkan apa yang diinginkan," beber dia.

    Lebih lanjut, Yaya pun berkomentar mengenai arena berlatih. Bagaimanapun, ucap dia kondisi lapangan yang mumpuni akan menunjang program latihan.

    Terlebih tatkala menjalani program meningkatkan kondisi fisik medium side game. Artinya yang melibatkan bola.

    "Lapangan itu sangat penting untuk menunjang program kita berjalan memang dengan seharusnya seperti itu," katanya.

    Berkaca pada musim lalu, Persib kerap menggunakan lapangan rumput sintetis untuk arena berlatih. Alhasil, beberapa pemain mengalami permasalah cedera.

    "Efeknya ketika kombinasi dari sintetis ke normal, ternyata ada beberpa pemain yang bisa cederai pemain dari bantalan seperti betis. Ini cukup mengganggu," katanya.

    Disinggung mengenai pemain anyar Victor Igbonefo dan Bojan Malisic, Yaya belum bisa memprediksikan kapan akan merapat. Ketika dua penggawa tersebut tiba, Yaya akan meninjau lebih dulu, mengobservasi kondisi fisiknya.

    "Misal kalau dengan latihan pagi cukup mengganggu, kita biasanya berikan porsi latihan berbeda. diupayakan kondisinya sama sebelum Piala Presiden," pungkas Yaya. [jek]