• Headline

    Sudah Ada Izin GBLA Digunakan di Piala Presiden

    Oleh : Rianto Nurdiansyah10 Januari 2018 21:33
    INILAH, Bandung-Sebagai tuan rumah grup A Piala Presiden 2018, Persib Bandung terancam tak dapat gunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), pada 16 Januari mendatang. Stadion berkapasitas 38.000 penonton tersebut akan direnovasi untuk perhelatan Asian Games 2018.

    Sebelumnya, Pemerintah RI melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI untuk mencarikan stadion alternatif.

    Komisaris PT Persib Bandung Kuswara S Taryono angkat bicara soal ini. Kata dia, dipastikan Stadion GBLA bisa digunakan pada pembukaan turnamen pramusim tersebut.

    "Karena sudah ada surat izin penggunaan GBLA untuk pembukaan 16 Januari 2018," ujar Kuswara, Rabu (10/1/2017).

    Disinggung soal larangan dari Kemen PUPR, Kuswara katakan, pihaknya hanya mengacu pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung. Karena sudah ada izin, Kuswara optimis pelaksanaan Piala Presiden di Kota Bandung tak akan ada halangan.

    "Yang kompeten itu pemerintah Kota Bandung, Dispora, jadi sudah ada izin bahwa untuk pembukaan di GBLA," ucapnya.

    Kuswara katakan, surat dari Dispora Kota Bandung tersebut diterima pada 8 Januari 2017 lalu. Bilamana ada perubahan, pihaknya akan kembali memberikan informasi.

    "Kita mengacu kepada surat dulu untuk selanjutnya diinfomasikan lebih lanjut," ucapnya.

    Bagaimanapun, kata dia, Panita Pelaksana (Panpel) Pertandingan ingin membuat gelaran Piala Presiden sukses. Sekalipun harus pindah venue dari GBLA, pihaknya akan mengupayakan solusi terbaik.

    Tak hanya GBLA, beberapa Stadion lainnya di Jawa Barat pun tak dapat digunakan. Seperti Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Wibawa Mukti, Stadion Patriot Candrabagha dan Stadion Pakansari.

    "Panpel ingin mengupayakan yang lebih baik supaya penyelenggaraan Piala Presiden bisa berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olaraga (Kadispora) Kota Bandung Dodi Ridwansyah menyampaikan, grup A Piala Presiden 2018 tetap dilaksanakan di Stadion GBLA. Hal itu ditegaskan dalam rapat yang dipimpin Sharing Committe Piala Presiden, Maruarar Sirait, pada Rabu (10/1) Malam.

    "Tetap dilaksanakan di GBLA. Memang ada rencana persiapan untuk Asian Games (2018), PUPR sudah merencanakan untuk renovasi," ujar Dodi.

    Fase Grup A Piala Presiden 2018 sendiri akan dilaksanakan pada 16, 21 dan 26 Januari nanti. Sekalipun ada perbaikan, ucap dia hanyalah di beberapa titik. Demikian, stadion GBLA masih dapat digunakan untuk pertandingan.

    "Bukan perbaikan infrastruktur mayor. Cuma lampu, drainase ganti rumput dan lain-lain," ungkapnya.

    Adapun empat tim yang bergabung di grup A pada Piala Presiden 2017, yakni Persib Bandung, Sriwijaya FC, PSM Makassar dan PSMS Medan. [jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT