• Headline

    'Biru di Hatiku, Biru di Jiwaku'

    Oleh : Rianto Nurdiansyah18 April 2018 22:13
    INILAH,Bandung- Bobotoh tentu hapal dengan sepenggal syair di atas. Lagu berjudul 'Kami Biru' tersebut membuat merinding tatkala dilantunkan ribuan bobotoh pada laga kandang Persib Bandung.

    Adalah Yana Head, pencipta sekaligus penyanyi yang mendedikasikan lagu 'Kami Biru' untuk Maung Bandung. Bobotoh kelahiran Bandung 20 April 1980 ini membeberkan proses membuat lagu tersebut, hingga kini dikenal sebagai Anthem Maung Bandung.

    Bermula pada tahun 2015 lalu, saat Yana menunggu penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim, Pekan Baru, Riau. Dia menggoreskan pena untuk menuliskan lirik di secarik kertas dengan Maung Bandung sebagai inspirasinya.

    "Memang 'Kami Biru' itu awalnya untuk kepuasan sendiri. Niatnya bukan untuk dipublikasikan," ujar Yana kepada INILAHKORAN, Rabu (18/4).

    Bila membaca liriknya, ucap Yana, ibarat sebuah surat yang dialamatkan pada awak tim Persib. Baik untuk pemain maupun jajaran pengurus di manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB). Di mana dukungan kepada tim kebangaanya ini tak akan pudar, sekalipun prestasinya sedang letoy.

    Menggunakan gitar, Yana mencari nada yang pas agar bisa menyatu dengan lirik yang dia tulis. Materi lagu pun sudah rampung, namun Yana baru merekamnya satu tahun kemudian. Lantaran harus menunggu budget terkumpul yang memang hanya mengandalkan dari kocek pribadinya. Studio sahabatnya, yakni Yoga gitaris Band Nine Ball yang dia gunakan untuk merekam 'Kami Biru'.

    "Setelah beres recording, ada kesempatan ketemu sama Yana Umar (Dirigen Viking) dan Heru Joko (Ketua Viking). Mereka bertanya punya lagu Persib atau enggak," jelasnya

    Namun saat itu baru sebatas obrolan. Tiba saatnya Yana mengisi sebuah acara di Click squere Mall, Jalan Naripan, Kota Bandung pasa tahun 2017 lalu. Di kegiatan nonton bareng laga Persib tersebut dia disarankan oleh Yana Umar untuk menyanyikan 'Kami Biru' secara langsung. Yana tak menolak, dan menyanyikannya di hadapan bobotoh.

    "Kebetulan di situ ada bobotoh yang memvideokan dan memviralkan," imbuh dia.

    Respon bobotoh pun cukup positif saat itu. Lantas, Yana kembali membuka pembicaraan dengan Yana Umar. Ada ide lagu 'Kami Biru' diputar di Stadio Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung saat pembukaan Piala Presiden 2018.

    "Mandat dari Mang Yana (Umar) kepada bobotoh untuk dihapal liriknya. Akhirnya pas pembukaan Pilpres 2018 minta izin (ke panitia pelaksana laga Persib) untuk diputar di Stadion," paparnya.

    Vokalis Band Marvel ini pun paham betul, di balik sambutan positif selalu ada yang menanggapi sebaliknya. Artinya, yang menilai negatif pun tak dapat dihindari. Sudut pandang bobotoh yang beragam, pasti menimbulkan pro dan kontra.

    Tapi Yana menanggapinya dengan senyuman saja. Toh, lagu 'Kami Biru' ini dia persembahkan dengan tulus untuk tim jagoannya. Mendengarkan gemuruh ribuan bobotoh yang menyanyikan lagunya pun sudah membuat dia sangat bersyukur.

    "Ketika kita melakukan dengan tulus dan sesuai hati itu ini imbalannya, yaitu dinyanyikan oleh ribuan bobotoh di stadion," pungkasnya.[jek]

    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT