• Headline

    Pengukuhan Viking Jatinangor, Bakal Cetak Anggota Berkualitas

    Oleh : Rianto Nurdiansyah21 Juli 2018 13:02
    INILAH, Bandung-Viking Jatinangor punya cara untuk mencetak anggota yang andal. Tak hanya loyal kepada Persib Bandung, namun seorang bobotoh juga harus dibekali beberapa pedoman agar menjadi suporter yang jempolan.

    Mulai tahun 2002 lalu, salah satu distrik Viking Persib Club (VPC) ini selalu menggelar kegiatan pengukuhan. Diketahui, Viking Jatinangor kini sudah berusia 17 tahun.

    Ketua Viking Jatinangor, Aris Philip mengatakan tahun ini akan kembali bakal melaksanakan agenda pengukuhan angkatan ke-8 dengan mengangkat tema "Semangat yang tak pernah mati".

    Tema kegiatan pengukuhan angkatan 8 taun ini 'Semangat Yang Tak Pernah Mati'.

    "Lokasinya sama seperti sebelum-sebelumnya, kita akan melakukan pengukuhan di Kiarapayung, Jatinangor hari Sabtu tanggal 21 (Juli) nanti," ujar Philips.

    Sebetulnya, kata dia, agenda pengukuhan bukan ketentuan yang diperintahkan oleh VPC pusat. Artinya, hanya inisiatif dari Viking Jatinangor yang menginginkan mencetak anggota berkualitas unggul.

    "Khusus Viking Jatinangor untuk kegiatan pengukuhan ini," ucapnya.

    Rencananya akan ada puluhan anggota anyar yang akan digodok pada acara pengukuhan nanti. Philips juga katakan, ada empat maksud dan tujuan sehingga organisasinya menggagas agenda ini untuk anggota anyar.

    Dari mulai kedisiplinan juga menggodok mental dan tanggung jawab adalah poin pertama dari empat tujuan pengukuhan. Mengingat, menurut dia, bobotoh khususnya anggota Viking Jatinangor harus memiliki poin-poin itu.

    "Mencetak seorang bobotoh yang memiliki disiplin, mental dan tanggung jawab yang tinggi militansi kuat terhadap Persib," jelasnya.

    Poin ke dua, pada pengukuhan akan memberikan pegangan kepada anggota untuk beradaptasi dengan kehidupan di alam bebas. Dengan begitu, mentalnya otomatis akan teruji.

    "Melatih seorang bobotoh menghadapi kehidupan di alam bebas," ucapnya.

    Tak kalah penting, seorang bobotoh pun tak selamanya hanya terlibat dalam laga Maung Bandung. Ada kalanya terpanggil untuk melakukan sikap, tindakan, kegiatan yang positif.

    " Seorang bobotoh yang memiliki kepekaan yang tinggi akan kehidupan sosial," ucapnya pada poin ke tiga.

    Pemungkas, Philips sampaikan, jangan dilupakan bahwa bobotoh pun adalah bagian dari masyarakat Indonesia. Demikian berbakti kepada negara merupakan kewajiban mutlak.

    Dia ingin para anggota anyar mampu memahami dan menjalankan empat poin itu. Karena itu, kegiatan pengukuhan selalu menjadi agenda rutin Viking Jatinangor.

    "Seorang bobotoh yang siap terjun dalam kehidupan bagi masyarakat, bangsa dan negara," pungkas Philips.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT