• Headline

    KPK Akan Panggil Putra Mantan Bupati Subang

    Oleh : Inilahkoran15 Agustus 2018 16:19
    INILAH, Bandung- Kasus dugaan gratifikasi proses izin prinsip dan lokasi pendirian pabrik di Subang semakin melebar. Jaksa KPK bakal memanggil beberapa pejabat dan mantan pejabat di Kabupaten Subang.

    Hal tersebut diungkapkan Jaksa KPK Yadyn usai persidangan kasus suap perizinan dengan terdakwa mantan Kabid Perizinan BPMPTSP Kabupaten Subang, Asep Santika, di Pengadilan Tipikor pada PN Kelas 1A Khusus Bandung, Jalan RE Martadinata, Rabu (15/8/2019). Seperti diketahui kasus tersebut melibatkan mantan Bupati Subang, Imas Aryumningsih (berkas terpisah).

    Para saksi yang akan dipanggil, yakni Komir Bastaman saat ini menjabat Asda II dan sebelumnya merupakan atasan terdakwa Asep Santika, Abdurahman menjabat Sekda Pemkab Subang, dr Arya merupakan putra Imas Aryumningsih dan Elita, mantan Kepala BPMPTSP Subang.

    "Prinsipnya, pemanggilan mereka karena adanya keterangan saksi terdahulu yang memberikan keterangan bahwa mereka (empat orang ini) menerima uang dari setiap perizinan yang diterima Komir Bastaman yang diterima juga oleh Abdurahman. Uang dikumpulkan melalui saksi Wawa dan dr Arya," katanya.

    Pemanggilan keempat orang saksi tersebut sudah diajukan oleh Yadyn usai persidangan ditutup oleh Ketua Majelis Dahmiwirda, dan majelis menyetujuinya.

    Yadyn mengaku uang yang mereka terima berasal dari pengusaha-pengusaha yang hendak mengurus perizinan usaha di Kabupaten Subang. Dalam kasus ini, Imas menerima suap dari pengusaha bernama Miftahudin untuk meloloskan izin prinsip dan izin lokasi. Miftahudin sudah divonis 2 tahun penjara.

    "Asep Santika juga sudah‎ menerangkan aliran uangnya kemana dan dari perusahaan mana," ujar nya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT