• Gunung Parang Purwakarta, Surga bagi Pemanjat Tebing

    Oleh : Asep Mulyana18 Juli 2017 00:12
    INILAH, Purwakarta - Ingin mencoba wisata alam sambil menguji adrenalin? Gunung Parang Kabupaten Purwakarta mungkin tempat yang cocok bagi para pencinta panjat tebing.

    Lokasinya ada di Kampung Cirangkong, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru. Di sana, ada sebuah gunung batu andesit yang berdiri tegak menjulang ke langit. .

    Gunung ini sepintas mirip monumen batu raksasa. Ketinggian gunung batu berwarna hitam ini, sekitar 1.000 meter dari permukaan tanah.

    Ada keunikan lain di gunung ini, yakni memiliki dinding bebatuan yang hampir tegak lurus. Bisa dikatakan, hampir mirip dengan Yosemite di Amerika atau Trango Tower di Pakistan.

    Di samping bisa menikmati suasana alam yang masih asri, wisatawan yang datang ke lokasi ini bisa sekaligus menguji keberanian.‎

    ‎Tak heran, sejak dibuka 1981 lalu, Gunung Parang banyak dikunjungi wisatawan. Hingga kini gunung batu itu masih mendapat perhatian serius dari pencinta panjat tebing, baik lokal maupun luar negeri.

    Mulyana (35), seorang anggota Badega (Pengabdi) Gunung Parang, mengatakan, gunung andesit ini sudah ramai dikunjungi sejak 1981. Wisatawan yang datang ke objek wisata ini, tujuannya hanya satu, yakni menaklukkan tebing batu di Gunung Parang.

    "Biasanya, tiap akhir pekan lokasi ini ramai dikunjungi. Rata-rata sekitar 200 orang yang datang kesini," ujar Mulyana, belum lama ini.

    Dia mengatakan, wisatawan yang datang ke lokasi tersebut harus bernyali besar. Sebab, gunung yang akan mereka panjat ini memiliki kemiringan 90 derajat. Sehingga, tantangan untuk memanjatnya cukup tinggi. Jadi, saat memanjat gunung batu ini adrenalin akan diuji.

    Selain panjat tebing, lanjut dia, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam lainnya. Pengunjung juga bisa melakukan kegiatan berkemah di lokasi ini.

    "Di lokasi ini, wisatawan juga bisa melihat keindahan panorama Waduk Jatiluhur serta perkampungan yang ada di sekitarnya dari atas tebing. Anda akan terpesona melihat keindahan di bawahnya," jelas dia.

    Di lokasi tersebtu pihaknya pun telah menyediakan peralatan dan beberapa fasilitas untuk memanjat. ‎Tak hanya itu, ada pula petugas khusus untuk memandu para pemanjat pemula menuju puncak Gunung Parang. [gin]