POLITIK DAN PEMERINTAHAN
Perekonomian Pangandaran Diyakini Bisa Lebih Baik
Oleh: Andriansyah
Minggu, 16 September 2012, 13:57 WIB

INILAH.COM, Ciamis - Sejumlah warga Pangandaran menilai Pangandaran merupakan wilayah sumber ekonomi yang begitu tinggi, di antaranya dari sektor pariwisata, perikanan, perkebunan, pertanian, industri, transportasi dan sektor perhotelan.

Salah seorang warga Pangandaran, Ruswanto (46) mengatakan rencana adanya pemekaran Pangandaran menjadi kabupaten dan terpisah dari Kabupaten Ciamis bisa jadi merupakan salah satu jalan untuk mengubah Pangandaran menjadi lebih baik.

"Kita masih mendengar sayup-sayup di telinga bahwa sebentar lagi Pangandaran ini akan dimekarkan menjadi sebuah Kabupaten. Jika pemekaran Pangandaran jadi kabupaten sah diresmikan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi instansi pemerintah setempat, selain dituntut untuk berbenah juga kemandirian sebuah wilayah perlu diutamakan. Dan harus dipenuhi di antaranya adalah sarana dan prasarana seperti rumah sakit dan layanan penunjang lainnya,” katanya.

Dia sendiri mengaku mendukung pembentukan Kabupaten Pangandaran. "Saya memperkirakan jika Pangandaran memisahkan diri dari Ciamis pun Pangandaran bakal maju, mulai dari insfrastruktur jalan, dan sektor-sektor lainnya, pasalnya PAD di wilayah Pangandaran dan sekitarnya itu sangat berpotensi untuk menunjang kemajuan dan kemandirian sebuah Kabupaten yang baru lahir," jelasnya.

Dari data yang tercatat, kecamatan yang bakal masuk atau ikut dalam pemerintahan Kabupaten Pangandaran, yaitu kecamatan Pangandaran, Kecamatan Sidamulih, Kecamatan Parigi, Kecamatan Kalipucang, Kecamatan Cijulang, Kecamatan Padaherang, Kecamatan Cigugur, Kecamatan Cimerak, Kecamatan Langkaplancar, dan Kecamatan Mangunjaya.

Salah seorang tokoh masyarakat Pangandaran Rahmat Efendi mengaku mendukung pemekaran demi kemajuan Pangandaran ke arah yang lebih baik. "Saya secara pribadi sangat mendukung dengan rencana pemekaran Pangandaran menjadi kabupaten," ujar Rahmat yang biasa disapa Apih saat dihubungi INILAH.COM, Minggu (16/9/2012).

Rahmat menegaskan sebelum memisahkan diri dari Ciamis, sebaiknya warga dan presidium pemekaran Pangandaran belajar berbenah kawasan Pangandaran yang selama ini dinilai semrawut.

"Saya akan selalu mendukung apa yang menjadi perubahan, apa lagi ini untuk kemajuan Pangandaran, namun saya sangat mengharapkan pemerintah terkait segera melakukan pembenahan terhadap para pedagang kaki lima (PKL), hotel-hotel yang membuang limbahnya ke laut serta kebersihan pantai yang selalu harus dijaga oleh kita semua," kata Rahmat.[jul]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Nusawiru Dorong Perkembangan Kawasan Jabar Timur
DPRD Jabar Dorong Perluasan Bandara Nusawiru
Balawista Palabuhanratu Kirim Atlet ke Pangandaran
Reaktivasi Jalur Banjar-Pangandaran Tunggu PKS
Kebersamaan Didapat, Persib Bertolak Ke Bandung