LINTAS JABAR
Ruangan Sekdes Cipanas Sengaja Dibakar?
Oleh: Vera Suciati
Senin, 12 November 2012, 19:14 WIB

INILAH.COM, Sumedang - Pulung (53), petugas kebersihan di Desa Cipanas Kecamatan Tanjungkerta, kaget ketika dirinya melihat ruangan sekretaris desa sudah dalam keadaan terbakar, Senin (12/11/2012) pagi. Padahal, ruangan tersebut merupakan salah satu ruang pelayanan yang biasa dijadikan tempat penyimpanan berkas desa.

"Sekitar pukul 07.00 WIB, ketika datang ke kantor untuk bersih-bersih, tiba-tiba melihat bagian depan kantor tiba-tiba sudah hitam seperti bekas terbakar," kata Pulung.

Hal ini dibenarkan Kapolsek Tanjungkerta, Kompol Ismail Hasan. Menurutnya, ruangan tersebut ada bekas terbakar namun tidak semua bagian ruangan.

Menurut Ismail, peristiwa terbakarnya ruangan diduga akibat unsur kesengajaan. Pasalnya, di sekitar tempat kejadian perkara, tepatnya didepan ruangan sekdes, ditemukan bercak darah manusia yang diduga mengalami luka saat membuka kaca nako pada ruangan itu.

“Sejauh ini kami belum bisa mengatakan secara pasti soal modus dari peristiwa ini. Namun yang pasti semua ini diindikasi sengaja ada yang membakar. Coba saja lihat, dibawah jendela itu banyak darah bercecer. Kemungkinan si pelaku terluka saat memecahkan kaca jendela itu. Kemungkinan, si pelaku membakar ruangan itu dari luar dan memasukan api lewat jendela,” kata Ismail.

Dikatakan Ismail, jika melihat situasi yang terjadi di wilayah desa tersebut, peristiwa pembakaran ruangan Sekdes kemungkinan besar merupakan salah satubagian dari buntut pelaksanaan Pilkades.

“Masalah ini sedang kami selidiki, berbagai kemungkinan bisa saja terjadi. Bahkan bisa saja peristiwa ini ada kaitannya dengan pelaksanaan Pilkades kemarin. Indikasinya, bisa saja ada pihak yang ingin menghilangkan semua data Pilkades kemarin, soalnya yang dibakarnya kan hanya ruangan Sekdes tempat dimana data Pilkades disimpan,” ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan Camat Tanjungkerta, Agus Sujatmiko. Menurut Agus, peristiwa pembakaran aset pemerintah ini sepertinya memang ada kaitannya dengan Pilkades kemarin. Namun dia menegaskan, untuk data Pilkades sampai saat ini kondisinya masih aman, sebab walaupun ruangan habis terbakar, namun kondisi data masih utuh karena disimpan di berangkas besi.

Sebelumnya, tepatnya Sabtu (10/11/2012), warga di desa tersebut baru saja usai menggelar Pilkades yang diikuti empat calon. Pilkades tersebut dimenangkan Ny Asiah dengan raihan 1.053 suara. Setelah itu disusul oleh Tatang Suhendar yang meraih dukungan 943 suara kemudian Andy Zaini dengan raihan 596 suara, dan diposisi terakhir Rohman yang hanya memperoleh 199 suara.[ang]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Ruangan Sekdes Cipanas Sengaja Dibakar?