LINTAS JABAR
Resah, Warga Minta Macan Kumbang Segera Ditangkap
Oleh:
Rabu, 14 November 2012, 21:10 WIB

INILAH.COM, Sukabumi - Warga Desa Cikurutug, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi kini resah akibat empat kambing Etawa peliharaan mereka ditemukan mati, diduga akibat keganasan macan kumbang (Panthera pardus) selama empat hari terakhir.

"Selama tiga hari terakhir ini sudah ada empat ekor kambing Etawa milik warga yang ditemukan mati di semak-semak, pada tubuh kambing tersebut terlihat ada bekas cabikan dan gigitan yang diduga akibat diterkam macan kumbang" kata Kapolsek Cireunghas Ipda Ma'ruf di Sukabumi, Rabu.

Menurut Ma'ruf bahwa dari informasi ada warga yang melihat seekor macan kumbang keluar dari hutan yang jaraknya tidak jauh dari pemukiman warga kemudian masuk ke kandang kambing milik warga dan menyeret kambing ke dalam hutan.

Pihaknya dan warga sudah melakukan pemeriksaan ke lokasi ditemukannya bangkai kambing yang diterkam oleh macan kumbang tersebut.

"Kami pun sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Jawa Barat untuk menangkap macan kumbang tersebut," tambahnya.

Namun, dikatakannya sampai saat ini pihaknya masih menunggu dari petugas KSDA agar macan kumbang yang meresahkan warga tersebut bisa ditangkap, karena selain khawatir menerkam ternak milik warga, juga bisa menyerang warga sekitar.

"Kami pun tetap melakukan pengamanan, khawatir macan kumbang tersebut kembali masuk ke perkampungan warga dan meminta kepada pihak KSDA agar segera menindaklanjuti permasalahan ini. Selain itu juga macan kumbang merupakan hewan dilindungi, khawatir ada tindakan dari warga yang bisa menyebabkan macan tersebut terluka," kata Ma'ruf. ANT [ito]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Honorer Dinkes Sukabumi Cabuli Korban di Puskesmas
Cabuli ABG, Polisi Ciduk Honorer Dinas Kesehatan
Pembunuh Bos Perahu Mengaku Residivis di Palembang
Duh, Keponakan Bacok Paman di Cisaat Sukabumi
Ibu Rumah Tangga di Sukabumi Tipu Belasan TKI