PENDIDIKAN
Daya Saing Lulusan SMA Jabar di Unpad Rendah
Oleh: Evi Damayanti
Rabu, 19 Desember 2012, 14:24 WIB

INILAH, Bandung- Daya saing peserta didik asal Jawa Barat ternyata masih kalah dengan provinsi lain. Sampai saat ini, lulusan SMA yang berasal dari Jabar dan diterima di Universitas Padjadjaran (Unpad) hanya 5% dari dari 40 ribu siswa.

"Kalau untuk minat masuk Unpad itu banyak sekitar 40 ribu tetapi kalah saing dengan daerah lain," ujar Rektor Unpad, Ganjar Kurnia dalam diskusi Bidang Pendidikan dengan tema 'Siswa Jabar Tersisih di PTN Favorit', Rabu (29/12/2012).

Namun menurut Direktur Paska Sarja Unpas sekaligus Ketua Umum Paguyuban Pasundan Prof Didi Turmudzi, minimnya lulusan Jabar diterima di PTN harus dilakukan penelitian lebih serius lagi sehingga data yang dimunculkan lebih akurat.

"Perlu ada amatan lebih cermat, jangan hanya di Unpad tapi di PTN se-Indonesia juga harus didata mahasiswa asal Jabar ada berapa, harus didata kumulatif," tegas Didi.

Soal keprihatinan soal itu Didi mendukungnya upaya semua pihak di Jawa Barat untuk mempersiakan peserta didik agar lebih mampu dan siap bersaing.

"Dalam jangka panjang harus diperhatikan, apa yang dimakan, dilihat dan diperhatikan para peserta didik itu. Jangan sampai berpengaruh lagi terhadap daya saing mereka nanti," jelasnya.

Selain mempersiapkan SDM, kata Didi, harus juga didukung dengan kebijakan Pemda. Bagaimana carannya membantu anak sekolah ke perguruan tinggi yang bagus.

"Pemda harus membantu anak sekolah di PT yang bagus, agar si anak memang siap bersaing," paparnya lagi.

Sementara itu, Rektor Universitas Parahyangan (Unpar), Robertus Wahyudi T mengatakan, mahasiswa asal Jabar di Unpar ada sekitar 61%. Dari 61% mahasiswa Jabar di Unpar tersebut, 79% berasal dari Kota Bandung dan 21% lainnya dari luar Kota Bandung.

"Mahasiswa Unpar ada sekitar 11 ribu, kami punya program mencerdaskan bangsa. Karena itu kita libatkan, sehingga masalah-masalah ini bisa turut membantu. Selain itu di Unpar ada beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu atau yang tengah kesulitan," terangnya.[ang]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Jabar Optimistis Kembali Raih Anugrah Media Humas
Tim Sepatu Roda Jabar Tambah Kekuatan untuk PON
Dewan Usulkan Pembentukan Pansus Peningkatan PAD
Jelang PON XIX, KONI Jabar Pantau Talenta 'Emas'
Aher Berharap UMK 2015 Dapat Sejahterakan Buruh