LINTAS JABAR
Inilah Tanda-tanda Kemungkinan Bakal Ada Longsor
Oleh: Dian Prima
Jumat, 18 Januari 2013, 13:44 WIB

INILAH, Bogor - Bencana tanah longsor sebenarnya tidak datang secara tiba-tiba. Tetapi ada beberapa tanda-tanda yang bisa terlihat secara kasat mata sebelum bencana longsor terjadi.

Di antaranya adalah munculnya retakan-retakan di tanah, serta adanya rembesan air yang keluar dari dinding tanah. Ada baiknya warga sekitar tebingan memeriksa kondisi tebingan baik saat turun hujan atau setelah hujan turun.

"Tanda-tanda tersebut selalu muncul sebelum bencana tanah longsor terjadi. Saat hujan turun, bila warga melihat ada tanda-tanda tersebut, segera laporkan ke BPBD atau ke Dinas ESDM. Dalam kondisi hujan yang turun seperti sekarang ini, tidak ada salahnya warga melakukan antisipasi dengan memeriksa setiap tebingan yang ada disekitarnya untuk melihat, ada atau tidak tanda-tanda tersebut," jelas Kepala Bidang Air Tanah dan Mitigasi Bencana Geologi pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dede Armansyah, Jumat (18/1/2013).

Disebutkan Dede, meski bencana longsor bisa dideteksi dengan kehadiran tanda-tanda seperti disebutkan di atas, ada baiknya warga tidak mendirikan bangunan rumah di bawah tebingan. Apalagi dengan kontur tanah yang miliki geomorfologi kawasan berbukit dan berlerang.

"Kita mengimbau warga tidak mendirikan bangunan baik itu rumah ataupun sarana umum dibawah tebingan. Selain itu, kita juga meminta warga untuk tidak membuat saluran air atau limpasan air hujan (run off) yang langsung mengalir ke tebingan. Sebab ini bisa juga memicu terjadinya tanah longsor akibat terkikisnya tanah oleh limpasan air," jelasnya.[jul]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Jalur Sukabumi-Bogor 'Merayap' di Tiga Titik
Polres Bogor Pantau Arus Lebaran Lewat CCTV
Warga Keluhkan Macet di Jalur Sukabumi-Bogor
Mobil Anti Galau Mulai Beroperasi di Bogor
Penerimaan Siswa Baru di Bogor Dijahili Hacker