LINTAS JABAR
Korban Banjir di Jonggol Terserang Penyakit
Oleh: Dian Prima
Jumat, 25 Januari 2013, 15:15 WIB

INILAH, Bogor - Berbagai penyakit mulai menyerang warga yang menjadi korban banjir di Kampung Cimedo Desa Sukagalih Kec. Jonggol. Penyebaran serangan penyakit tersebut, semakin mudah dengan terbatasnya sarana dan prasarana di lokasi bencana.

Tercatat, sedikitnya 350 warga yang menjadi korban bencana banjir, mengunjungi posko kesehatan yang ada di lokasi.

"Umumnya warga menderita gatal-gatal pada kulit dan infeksi saluran pernasanan akut (ISPA). Jenis penyakit ini memang mudah terjadi pada warga yang menjadi korban bencana banjir," jelas Kepala Unit Pelayanan Fungsional Kesehatan Desa Sukagalih, Liska Sari, Jumat (25/1/2013).

Disebutkan Liska, warga yang berobat sudah mendapat perawatan dari petugas yang ada di Pokso Kesehatan. Hingga saat ini persediaan obat dan juga tenaga medis yang memberikan pelayanan kesehatan pada warga yang terkena bencana banjir masih memadai.

”Sampai saat ini, sudah kita tangani dan pasokan obat juga masih cukup. Dan posko ini akan berdiri hingga sepuluh hari ke depan,” jelasnya.

Menurut Liska, pada kondisi pasca banjir dua jenis penyakit tersebut memang kerap menyerang para korban bencana. ISPA memberikan gejala awal di mana badan terasa pegal, kemudian dibarengi gejala batuk. Tidak jarang penderita ISPA ini merasakan sakit kepala, sakit tenggorokan, beringus, demam ringan, tekanan di muka, dan bersin.

"Gejala biasanya tampak setelah 1-3 hari setelah terpapar patogen microbial. Penyakit ini biasa berlangsung selama 7-10 hari. Gejala ISPA yang disebabkan streptpcoccus adalah sakit leher tiba-tiba, sakit saat menelan dan demam tanpa diikuti hidung beringus, suara berubah atau batuk," jelasnya.

Bencana banjir yang melanda desa ini terjadi pekan lalu. Luapan Sungai Cihoe mengenangi pemukiman warga. Hanya dalam hitungan beberapa jam, luapan sungai merendam puluhan rumah penduduk hingga ketinggian satu meter. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun sejumlah warga terpaksa diungsikan hingga genangan air surut.[ito]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Warga Keluhkan Macet di Jalur Sukabumi-Bogor
Hujan, Jalan Raya Pacet Cianjur Dikepung Banjir
Cuaca Ekstrem, Waspadai Longsor dan Puting Beliung
Mobil Anti Galau Mulai Beroperasi di Bogor
Penerimaan Siswa Baru di Bogor Dijahili Hacker