LINTAS JABAR
Restribusi Pemakaman Nonmuslim Dinaikan
Oleh: Dian Prima
Selasa, 29 Januari 2013, 14:37 WIB

INILAH, Bogor - Makin sempitnya lahan pemakaman di Kota Bogor memaksa Pemkot Bogor menaikan tarif retribusi pemakaman. Namun kenaikan tariff ini hanya diberlakukan untuk pemakaman nonmuslim.

Dua lokasi pemakaman yang mengalami kenaikan tarif adalah pemakaman Gunung Gadung dan Cipaku.

"Kita menaikan retribusi bukan untuk membebani masyarakat. Selain untuk mendongkrak PAD, juga untuk memberi ketersediaan lahan pemakaman untuk warga Kota Bogor," jelas Kepala UPTD Pemakaman pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor, Fordinan, Selasa (29/1/2013).

Dijelaskan Fordinan, lahan pemakaman di Kota Bogor semakin menyempit. Sementara banyak warga luar Kota Bogor yang ingin memakamkan keluarganya di Kota Bogor.

"Khususnya untuk lahan pemakaman nonmuslim seperti di Gunung Gadung dan Cipaku, yang dibangun dengan ukuran yang luas dan mewah. Makanya retribusi kita naikan," tuturnya.

Kenaikan tarif ini disebutkan Fordinan sesuai dengan Perda No 4 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum. Kenaikan ini diberlakukan mulai 1 Januari 2013.

"Retribusi untuk aktivitas pemakaman seperti penggalian dan pengurukan berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu. Tarif sewa tanah makan, khusus warga Kota Bogor antara Rp25 ribu hingga Rp500 ribu per tahun. Sedangkan untuk luar kota antara Rp200 ribu hingga Rp1 juta per tahun," jelasnya.

PAD dari retribusi pemakaman tahun 2012 melebihi target yang ditetapkan. Tahun 2012 ditargetkan Rp 323.400.000, dan terealisasikan mencapai Rp 369.475.305. “Ada kelebihan target sebesar Rp 46.075.305,” jelas Fordinan. [ito]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Pemakaman di Cianjur Sudah Harus Ditumpuk
Makam Rasul Dibongkar, PKS: Serahkan ke Ahli Fikih
Jelang Puasa, TPU Cipageran Dipenuhi Peziarah
Lahan Makam Nonmuslim di Cimahi Kritis
Jasad Pasutri Itu Dimakamkan Berdampingan