LINGKAR BANDUNG
3 Narkoba yang Paling Digemari di Jabar
Oleh: Ahmad Sayuti AK
Selasa, 19 Februari 2013, 14:33 WIB

INILAH.COM, Bandung- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jabar melakukan sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) kepada para pelajar karena di Jabar, Kota Bandung merupakan tertinggi mengkonsumsi narkoba.

Kepala BNNP Jabar Brigjen Anang Prananto menyebutkan, pada 2011 BNNP mencatat pengguna narkoba di Jabar mencapai 960 ribu orang atau 2,5 persen dari jumlah penduduk sebanyak 43 juta jiwa dengan rata-rata usianya antara 10 hingga 60 tahun.

"Berdasarkan data 2011 perihal penyalahgunaan narkoba di Indonesia, Jabar menempati ranking lima, dan untuk di Jabar, Kota Bandung yang tertinggi," paparnya kepada wartawan usai acara 'Peran Serta Bhayangkari Dalam P4GN di Jabar' yang berlangsung di Gedung Bhayangkara, Jalan Cicendo, Selasa (19/2/2013).

Dari klasifikasi usia pengguna narkoba, katanya, angka paling banyak penggunanya pelajar tingkat SMP dan SMA, mayoritasnya pria. Perbandingannya empat pria dan satu perempuan. Ada juga pengguna narkoba dari kalangan mahasiswa, pekerja, dan instansi pemerintah.

Ia mengungkapkan, jenis narkoba yang paling banyak digemari di Jabar, yakni ganja, ekstasi, dan sabu. Bahkan, bagi kalangan menengah bawah, pil dextro kerap disalahgunakan dengan cara mengonsumsi berlebihan sehingga teler, dan dampaknya mematikan.

Untuk itu, Anang meminta peran semua kalangan agar terlibat dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba di Jabar.

"Fokus kami kini mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan serta peredaran narkoba di kalangan pelajar, dan mahasiswa. Kami akan membentuk para pelajar itu sebagai kader antinarkoba," tandasnya. [ito]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Polisi Ungkap Peredaran Sabu Jaringan Banceuy
Penyelundupan Narkoba Jaringan Afrika Digagalkan
3 Oknum Polisi Diamankan Saat Pesta Narkoba
Polisi Ungkap 900 Pil Happy Senilai Rp 90 Juta
Dua WNA Iran Penyelundup Sabu Diancam Hukuman Mati