POLITIK DAN PEMERINTAHAN
Panwaslu Catat 20 Pelanggaran Kampanye Pilgub
Oleh: Dadi Haryadi
Kamis, 21 Februari 2013, 22:55 WIB

INILAH, Bandung - Panwaslu Jabar mencatat sedikitnya 20 pelanggaran terjadi selama masa kampanye Pilgub Jabar 2013. Pelanggaran yang terjadi diantaranya terkait keterlibatan sejumlah pejabat negara sebagai pada kegiatan kampanye yang tidak menyertakan izin cuti.

"Laporan yang kami terima dari Panwaslu provinsi ada sekitar 20 kasus pelanggaran," ujar Ketua Panwaslu Jabar Ihat Subihat saat dihubungi wartawan, Kamis (21/2/2013).

Menurutnya, jumlah itu berpotensi bertambah mengingat laporan dugaan pelanggaran kampanye itu hanya catatan Panwaslu Jabar. Saat ini, pihaknya masih menunggu masuknya laporan dari Panwaslu kabupaten/kota.

"Laporan dari kabupaten/kota belum masuk semua karena mereka masih sibuk pencopotan atribut kampanye. Mungkin satu atau dua hari kedepan jumlah pelanggaran bisa terekap seluruhnya," katanya.

Dia menjelaskan jenis pelanggaran yang terjadi sangat beragam mulai dari DPT ganda hingga keterlibatan pejabat negara dalam kampanye.

Selain Jokowi dan Rano Karno, katanya, sejumlah menteri juga diketahui muncul dalam kegiatan kampanye. Para menteri tersebut diantaranya Hatta Radjasa dan Marzuki Ali pada kampanye Dede-Laksamana dan Tifathul Sembiring pada Aher-Deddy Mizwar.

"Pejabat yang terlibat dalam kampanye beragam mulai dari menteri, kepala daerah, camat hingga kepala desa," ucapnya.

Ihat menyatakan para pejabat negara itu tidak menyertakan izin cuti meski pada hari libur seperti Sabtu dan Minggu. Padahal, ketentuan pengajuan cuti minimal 12 hari sebelum masa kampanye.

"Kami masih kami telusuri seluruh laporan tersebut," bebernya.

Meski mencatat adanya dugaan pelanggaran, namun Panwaslu hanya memiliki wewenang untuk memberikan rekomendasi. Adapun vonis dan pemberian sanksi berada di tangan KPU Jabar. "Temuan pelanggaran ini berdasarkan pantauan tim Panwaslu di lapangan," pungkasnya.[ang]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Sidang Putusan MK, Panwaslu Cimahi Sepi
Tiga Komisioner Dipecat, KPU Cianjur Terancam?
Panwaslu akan Kaji Rekomendasi DPRD Sukabumi
Sakit, Ketua Panwaslu Cimahi Diganti
Puluhan Massa Datangi KPU dan Panwaslu Subang