LINTAS JABAR
Warga Subang Minta Kejelasan Jalan Tol Cipali
Oleh: Zaenal Mutaqin
Kamis, 21 Februari 2013, 23:15 WIB

INILAH, Subang - Warga Subang keluhkan ketidakjelasan waktu pembangunan Jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) sepanjang 116 kilometer yang sudah direncanakan sejak tahun 2007.

Salah seorang warga Palabuan Kelurahan Sukamelang, Eman mengaku, pihaknya mengaku belum menerima kejalaskan kapan pembagunan jalan tol Cipali akan di mulai. Padahal di beberapa titik sudah mulai ada pengerjaan pembongkaran dan perataan tanah terutama di areal yang akan dijadikan lokasi interchange.

“Kami mohon melalui bapak dari konsultan untuk menyampaikan uneg-uneg karena tidak jelasnya rencana pembangunan sehingga merugikan petani penggarap,“ ujar Eman saat Publik hearing Amdal dampak pembangunan jalan tol Cipali di aula Kelurahan Sukamelang selama 2 hari berturut-turut, Kamis (21/2/2013).

Pada kegiatan yang dihadiri berbagai elemen masyarakat dan lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM), warga masyarakat berharap pembangunan jalan tol jangan sampai merugikan dan berdampak negatif.

“Dengan tidak jelasnya waktu pelaksanaan pembangunan, jelas merugikan petani yang tanam,“ ungkapnya.

Warga pun meminta perusahaan yang akan membangunan jalan memperhatikan dan memperbaiki sarana infrastruktur yang bakal terganggu, termasuk sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lingkungan.

“Kita berharap ada ganti rugi, dan mengikut-sertakan warga setempat untuk bekerja pada proyek nanti. Apalagi sarana irigasi pertanian jangan sampai mengakibatkan banjir. Sudah mah lahan sawah berkurang nantinya tidak produktif,“ kata Sahwali.

Dua konsultan dari PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Jarot dan Anton menjelaskan, kehadirannya selama 2 hari untuk menyerap aspirasi dari warga yang terkenan dampak langsung maupun tidak. “Kita tidak akan berpihak ke pengusaha maupun bapak-bapak, tetapi semua usulan dan permasalahan akan kita tamping untuk kebaikan bersama nantinya,“ tegasnya.[ang]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Eksekusi Lahan Tol Cipali Diwarnai Penolakan
Tol Cipali Beroperasi Pertengahan 2015
PT LMS Tak Izinkan Tol Cipali Digunakan Mudik
Urai Macet, Sisi Proyek Tol Cipali Siap Dibuka
Warga Keluhkan Debu Sisa Proyek Tol Cipali