PENDIDIKAN
Disdik Tambah Tunjangan, Tingkatkan Minat Gurdacil
Oleh:
Selasa, 26 Februari 2013, 08:45 WIB

INILAH, Bandung – Meski ada peningkatan tunjangan, hingga kini minat untuk menjadi guru daerah terpencil (gurdacil) relatif minim. Lokasi sekolah terpencil yang minim sarana transportasi dan belum terjangkau listrik menjadi penyebabnya.

"Faktor itu yang menjadi keberadaan guru daerah terpencildi Jabar terbilang minim. Sampai saat ini kami masih kesulitan untuk menempatkan guru di daerah terpencil karena banyak yang menolak," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Wahyudin Zarkasyi seusai peresmian revitalisasi gedung SMPN 2 Padalarang KBB, Senin (25/2/2013).

Pemerintah, kata dia, telah menaikan tunjangan dan fasilitas untuk meningkatkan minat mengajar di pelosok. Dengan peningkatan itu, guru daerah terpencilyang statusnya PNS dan tersertifikasi penghasilannya bisa mencapai Rp8-9 juta/bulan.

"Itu sudah termasuk tunjangan yang diberikan dari pemerintah provinsi Rp1,3 juta/bulan dan dari pemerintah pusat sebesar satu kali gaji yang diberikan setiap tiga bulan sekali. Tapi, kenaikan penghasilan itu masih belum efektif untuk menarik minat para guru," ujarnya. [den]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Pemprov Jabar Siap Kelola 60 Ribu Guru SMA/SMK
Poles Bandung Serahkan Aset Penggelap Pajak Guru
Tunjangan Khusus Guru di Garut Diduga Disunat
Mantan Bendahara Penipu 76 Kepsek/Guru Masih Buron
(Guru Aceh Jaya dan Bener Meriah) Menimba Ilmu Pendidikan di Provinsi Jabar