PENDIDIKAN
Disdik Tambah Tunjangan, Tingkatkan Minat Gurdacil
Oleh:
Selasa, 26 Februari 2013, 08:45 WIB

INILAH, Bandung Meski ada peningkatan tunjangan, hingga kini minat untuk menjadi guru daerah terpencil (gurdacil) relatif minim. Lokasi sekolah terpencil yang minim sarana transportasi dan belum terjangkau listrik menjadi penyebabnya.

"Faktor itu yang menjadi keberadaan guru daerah terpencildi Jabar terbilang minim. Sampai saat ini kami masih kesulitan untuk menempatkan guru di daerah terpencil karena banyak yang menolak," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Wahyudin Zarkasyi seusai peresmian revitalisasi gedung SMPN 2 Padalarang KBB, Senin (25/2/2013).

Pemerintah, kata dia, telah menaikan tunjangan dan fasilitas untuk meningkatkan minat mengajar di pelosok. Dengan peningkatan itu, guru daerah terpencilyang statusnya PNS dan tersertifikasi penghasilannya bisa mencapai Rp8-9 juta/bulan.

"Itu sudah termasuk tunjangan yang diberikan dari pemerintah provinsi Rp1,3 juta/bulan dan dari pemerintah pusat sebesar satu kali gaji yang diberikan setiap tiga bulan sekali. Tapi, kenaikan penghasilan itu masih belum efektif untuk menarik minat para guru," ujarnya. [den]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Guru di Sukabumi Gelar Deklarasi Anti Kekerasan
Guru Honorer Pertanyakan Pemotongan Dana Hibah
Pemkab Purwakarta Kewalahan Guru Honorer Membludak
Bupati Bogor Janji Perjuangkan Nasib Guru Honorer
Uang Sertifikasi Tak Cair, Ratusan Guru PAI Geram