LINTAS JABAR
Rumah di Bantaran Sungai Bakal Direlokasi
Oleh: Benny Bastiandy
Jumat, 22 Maret 2013, 12:46 WIB

INILAH.COM, Cianjur- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur bakal merelokasi bangunan-bangunan liar di bantaran-bantaran daerah aliran sungai (DAS). Selain menempati tanah negara, keberadaan bangunan itu tanpa mengantongi izin dari pemerintah.

Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh mengaku, pemerintah sudah sering mengimbau masyarakat agar tak membangun di bantaran-bantaran sungai karena bukan peruntukkannya.

Selain membahayakan jika sewaktu-waktu terjadi banjir bandang, juga keberadaannya tak mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB).

"Sambil membangun di kawasan pedesaan, kita juga terus menata kawasan perkotaan. Keberadaan rumah-rumah di bantaran daerah aliran sungai sangat tidak baik," kata Tjetjep ketika meninjau DAS Cianjur di Jalan Siliwangi saat peringatan Hari Air se- Dunia, Jumat (22/3/2013).

Tjetjep berencana merelokasi bangunan-bangunan liar tersebut. Pemkab Cianjur pun akan menyediakan lahan penggantinya, agar tidak merugikan masyarakat yang menempati lahan-lahan negara.

"Kita tak mau merugikan masyarakat meskipun mereka menempati tanah negara. Jumlah kepala keluarga (KK) yang menempati tanah negara di bantaran sungai itu memang sangat banyak, tapi detail jumlahnya saya tidak tahu," tuturnya.

Tjetjep mengatakan, Pemkab Cianjur tak henti-hentinya menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga potensi-potensi air agar tidak menjadi suatu permasalahan pelik ketika musim hujan atau musim kemarau.

Sebab, terjadinya bencana banjir atau longsor, akibat kerusakan lingkungan. Termasuk juga ketika terjadi kekeringan yang lebih diakibatkan karena sumber-sumber air tak terjaga.

"Makanya kita rutin akan mulai membersihkan saluran sungai. Untuk kegiatan bersamaan Hari Air se- Dunia tingkat Kabupaten Cianjur, kita terjunkan sebanyak 450 orang untuk membersihkan saluran sungai," katanya. [ito]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Sebelum Mengarung, FAJI Sumedang Bebersih Sungai
Konsumsi Air Sungai, Warga Cianjur Rentan Diare
(Bebersih Sungai Cidurian) Warga Bandung Tetap Cinta Sungai
Bangunan Kahatex Rancaekek Tak Kunjung Dibongkar
Wisatawan Tertelan Ombak Ujung Genteng Ditemukan