LINTAS JABAR
Bupati Cianjur Jenguk Korban Demo Rusuh di Pendopo
Oleh: Benny Bastiandy
Selasa, 2 April 2013, 19:25 WIB

INILAH, Cianjur - Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh beserta istri, Yana Rosdiana, dan didampingi Kepala Dinas Bina Marga, Athe Adha Kusdinan menyempatkan diri menjenguk Ketua LSM Aliansi Masyarakat untuk Penegakan Hukum (Ampuh), Yana Nurjaman yang dirawat di RSUD Cianjur akibat terluka parah saat aksi demo di Pendopo yang berakhir ricuh, Senin (1/3/2013). Saat ini Yana dirawat di Ruang Flamboyan akibat terluka parah pada bagian kepalanya.

"Saya secara pribadi dan keluarga tentunya prihatin dengan kejadian ini. Pemerintah Kabupaten Cianjur senantiasa menampung setiap aspirasi yang muncul dan berkembang di masyarakat, terutama aspirasi yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat. Namun tentunya harus disampaikan secara prosedural," kata Tjetjep, Selasa (2/3/2013).

Tjetjep mengimbau, ke depan setiap penyampaian aspirasi bisa dilakukan dengan cara-cara damai dan santun. Sehingga, apa yang dikehendaki dan diinginkan masyarakat dapat tersampaikan dengan baik dan dapat ditindaklanjuti Pemerintah Kabupaten Cianjur.

"Kami tak ingin kejadian demo berujung aksi anarkistis terulang lagi di kemudian hari," kata Tjetjep.

Diberitakan sebelumnya, aksi demonstrasi sekitar 100 pendemo mengatasnamakan Aliansi Masyarakat untuk Penegakan Hukum (Ampuh) di Kantor Bupati Cianjur di Jalan Siti Jenab, Senin (1/4/2013), berakhir ricuh. Kericuhan dipicu menerobosnya beberapa orang pendemo hingga diduga melakukan aksi perusakan pintu Pendopo Bupati Cianjur.

Ratusan pendemo itu tiba di Kantor Bupati di Kompleks Pemkab Cianjur sekitar pukul 11.30 WIB. Dari awal sejak kedatangan massa, suasana sudah mulai terlihat panas ketika aparat Satpol PP berupaya menghadang massa.

Untungnya, emosi kedua kubu berhasil diredam. Massa yang menggunakan mobil dan motor akhirnya dipersilahkan masuk ke lahan parkir yang sudah disediakan di Kompleks Pemkab Cianjur. Sejumlah koordinator sempat berorasi. Namun tiba-tiba, sejumlah pendemo berlari menuju Pendopo Bupati Cianjur. Mereka mengamuk hingga diduga merusak daun pintu Pendopo.

Personel polisi dan Satpol PP mengejar mereka. Beberapa orang di antaranya sempat terkena hajaran aparat polisi. Suasana pun panas. Beberapa rekan pendemo lainnya berupaya menolong rekan-rekannya yang diamankan polisi. Bahkan ada beberapa lainnya sempat adu mulut.

Akhirnya, tiga orang yang diduga menjadi provokator diamankan. Ketiganya dibawa ke Mapolres Cianjur menggunakan truk Dalmas.[ang]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Bupati Cianjur Ajak Warga Tingkatkan Keimanan
PPDB Bermasalah, KNPI Ambil Alih Pendopo
Bupati Cianjur Terbitkan Surat Edaran Soal Warnet
Bupati Cianjur Larang PNS Terlibat Politik Praktis
Bupati Cianjur Bayar Pajak PBB Rp150 Ribu