LINTAS JABAR
48 Caleg Didaftarkan PKS ke KPU Garut
Oleh: Zainulmukhtar
Rabu, 17 April 2013, 19:05 WIB

INILAH, Garut - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai politik (parpol) pendaftar pertama yang menyerahkan berkas calon anggota legislatif (caleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut dari 12 parpol peserta Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014.

"Sampai sekarang, baru PKS yang mendaftarkan caleg ke KPU. Ada penghubung yang menyerahkan berkas calegnya tadi," kata Ketua KPU Kabupaten Garut, Aja Rowikarim, kepada INILAH, Rabu (17/4).

Menurut Aja, untuk memproses penerimaan pendaftaran caleg dari parpol peserta Pileg 2014, KPU secara khusus telah menyiapkan sebanyak 20 petugas terbagi atas 5 tim. Setiap tim terdiri atas seorang penanggung jawab, dan 3 anggota. Tim siap menerima pendaftaran caleg tersebut setiap hari, mulai sekitar pukul 08.00 WIB hingga sekitar pukul 16.00 WIB.

"Hari Sabtu, dan Minggu, tim tetap terbuka menerima pendaftaran caleg," kata Aja.

Pendaftaran caleg ke KPU sendiri akan berakhir pada 22 April mendatang.

Aja memperkirakan, kebanyakan parpol akan datang ke KPU Garut menyerahkan berkas calegnya pada hari-hari terakhir menjelang ditutupnya pendaftaran caleg.

"Ada beberapa parpol yang mengaku akan mendaftarkan calegnya ke KPU tanggal sekian-tanggal sekian. Tapi kita belum yakin hingga mereka benar-benar datang ke KPU mendaftarkan calegnya. Soalnya, beberapa kali pendaftaran caleg ternyata ditunda dari apa yang diberitahukan semula," ujar Aja.

Sebelumnya, Sekjen Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kabupaten Garut, Karnoto menyebutkan, DPD PKS Kabupaten Garut akan menyerahkan daftar caleg sementara (DCS)-nya ke KPU sebanyak 48 orang caleg. Tidak seratus persen memenuhi kuota kursi di DPRD Kabupaten Garut yang sebanyak 50 kursi. Hal itu karena dua caleg diantaranya tiba-tiba mengundurkan diri dari pencalonan, menjelang penyerahan DCS ke KPU Garut.

"Kekosongan dua orang ini tak mungkin diisi lagi karena waktunya sangat mepet. Tidak akan terkejar menguruskannya," kilah Karnoto.[ang]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Binamarga Pusing Anggaran Pemeliharaan Jalan Minim
Sidak Anggota DPRD ke RSU Garut Diduga Bocor
Warga Garut Sangat Berminat Menanam Karet
Mahasiswa Paksa DPRD Garut Baca Sumpah Pemuda
Tuntutan UMK Garut Rp 2 Juta Sulit Dipenuhi