LINGKAR BANDUNG
98.000 Kendaraan di Kab Bandung Belum Bayar Pajak
Oleh: Dani R Nugraha
Rabu, 24 April 2013, 13:49 WIB

INILAH.COM,Bandung - Sekitar 26 persen dari 379.710 kendaraan bermotor di 15 kecamatan Kabupaten Bandung tidak Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU).

Sebagian besar adalah kendaraan roda dua, dengan potensi kehilangan pendapatan dari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jawa Barat kurang lebih sebesar Rp 20 miliar.

Kepala Plh Dispenda Jawa Barat Wilayah Kabupaten Bandung II Soreang Mohammad Deni Zakaria, mengatakan, akibat KTMDU potensi kehilangan pendapatan mencapai sekitar 26 persen.

Dari 15 kecamatan yang ada di wilayah II Soreang, hingga akhir Maret tercatat ada 379.710 kendaraan bermotor. Dari jumlah tersebut ada sekitar 98.000 yang belum membayar pajak.

"Potensi kerugian untuk kendaraan yang belum membayar pajak mencapai Rp 20 miliar. Kebanyakan kendaraan roda dua yang tidak bayar pajak, sekitar 88 persen," ujar Deni Rabu (24/4).

Deni melanjutkan, pertumbuhan kendaraan di Wilayah II Soreang, rata-rata per bulannya mencapai 3500 kendaraan baru. Hingga triwulan tahun ini, sudah ada 10.000 kendaraan baru yang beredar. Oleh karena itu, potensi pajak kendaraan bermotor sangat tinggi.

"Untuk meningkatkan pendapatan kami proaktif melakukan operasi kepada masyarakat. Ada dua cara yang kami lakukan, pertama bekerjasama dengan Polres Bandung aktif melakukan razia lapangan. Kedua bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung melalui kecamatan, dengan mendatangi wajib pajak ke rumahnya masing-masing," ujarnya.

Dikatakan Deni, razia bersama Polres Bandung ini dalam setahun akan dilakukan tiga kali. Begitupun dengan mendatangi rumah wajib pajak. Dalam razia yang dilaksanakan bersama Polres Bandung itu, petugas dari Polres melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat-suratnya.

Lalu jika ada kendaraan yang belum membayar pajak diarahkan langsung untuk menyelesaikannya di outlet Dispenda. Sedangkan untuk pengendara yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), diarahkan ke outlet Polantas Polres Bandung.

Sementara itu, Kepala Bina Operasi Lantas Polres Bandung Bimo Moernanda mengatakan, selama kurang lebih satu jam pelaksanaan razia, pihaknya berhasil merazia 60 kendaraan dan menahan 20 kendaraan roda dua dan tiga kendaraan roda empat.

"Kendaraan yang kami tahan adalah mereka yang kelengkapan surat-suratnya tidak ada. Seperti SIM dan STNK. Sedangkan yang pajak STNK nya sudah tidak berlaku, langsung kami arahkan ke outlet Dispenda," ujar Bimo. [ito]

Share berita: Facebook | Twitter
TERKAIT
Petugas Sidak Bahan Makanan di Lotte Mart
Bawa Senjata, Polisi Sukabumi Amankan 3 Pelajar
Polsek Dayeuhkolot Musnahkan Knalpot Bising
Pakai Knalpot Bising, 126 Motor Ditilang
Polisi Sukabumi Amankan Miras & Minuman Kedaluarsa